Pameran Inovasi Mahasiswa PPG Prajabatan Unila Sukses Digelar

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 1 Universitas Lampung (Unila) sukses menyelenggarakan pameran inovasi proyek kepemimpinan bertajuk “Inovatif PPG Prajabatan”, Selasa, 4 Juli 2023.

Pameran ini dibuka Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., didampingi jajaran pimpinan tingkat rektorat dan fakultas.

Rektor Unila mengapresiasi kreativitas dan kolaborasi mahasiswa PPG Prajabatan dengan mitra sekolah dan instruktur dalam menghasilkan karya inovasi yang bermanfaat bagi siswa dan masyarakat.

“Pameran inovasi mahasiswa ini merupakan wujud kolaborasi yang positif antara FKIP Unila dan mitra, yaitu mahasiswa, dosen pembimbing proyek, sekolah, serta instruktur yang merupakan para guru penggerak,” ujar Prof. Lusmeilia.

Dekan FKIP Unila Prof. Dr. Sunyono, M.Si., menjelaskan, pameran ini sebagai sarana pengembangan kreativitas mahasiswa PPG Prajabatan sekaligus memberikan pengalaman untuk mendiseminasikan produk hasil karya inovatif, serta mengembangkan kemampuan evaluatif dan reflektif mahasiswa calon guru profesional.

Pameran gelar karya proyek kepemimpinan ini menampilkan 20 stand yang mewakili sepuluh program studi dari 225 mahasiswa PPG Prajabatan gelombang 1 TA 2022/2023. Setiap stand memperlihatkan hasil karya inovasi yang telah dilakukan selama satu bulan kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL).

Di antara karya inovasi yang ditampilkan, terdapat karya literasi seperti buku, pohon baca, dan media pembelajaran permainan Sundung Khula. Karya literasi ini mencakup cerpen, puisi, dan kerajinan dari manik-manik yang dibuat oleh siswa.

Selain itu, mahasiswa prodi Fisika memperlihatkan cara membuat briket dari ranting-ranting kering yang ada di sekolah. Mereka juga menunjukkan hasil aksi Susur Sungai Kelurahan Pematang Wangi, Bandarlampung.

Pameran ini juga diisi dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya dari mahasiswa PPG Prajabatan, seperti tari, bela diri, pembacaan puisi, dan nyanyian. Selain menampilkan hasil karya seni rupa, mereka menunjukkan kemampuan di bidang seni pertunjukan, seperti tari, bela diri, puisi, cerpen, dan nyanyian.

BACA JUGA :  Kunjungi Anak Korban Rudapaksa di Lampung, Mensos Imbau Para Ibu Lebih Perhatikan Anak

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari yaitu 4-5 Juli 2023, di lapangan Gedung K FKIP Unila ini pun mendapat sambutan positif dari para peserta, pengunjung, dan media massa yang hadir.***