Citra Satelit Tunjukkan China Bangun Lapangan Terbang di Paracel

KRAKATOA.ID (VOA) — Citra satelit yang dianalisis oleh kantor berita the Associated Press tampak menunjukkan bahwa China sedang membangun landasan pesawat di sebuah pulau di Laut China Selatan yang juga diklaim oleh Vietnam dan Taiwan.

Kegiatan di Pulau Triton di kawasan Paracel menyerupai kegiatan konstruksi di tujuh pulau buatan di kawasan Spratly hingga ke sebelah timurnya yang diperlengkapi dengan lapangan terbang, dermaga dan sistem militer, meskipun kegiatan pembangunan yang sekarang ini tampaknya lebih sederhana dalam skalanya.

China praktis mengklaim keseluruhan Laut China Selatan, menolak klaim negara-negara lain dan menentang putusan mahkamah internasional yang membatalkan pernyataan klaimnya tersebut.

Amerika Serikat (AS) tidak mengambil sikap dalam klaim kedaulatan tersebut. Akan tetapi, AS secara rutin mengirim kapal-kapal Angkatan Lautnya untuk melakukan “operasi kebebasan navigasi” di dekat pulau-pulau yang dikuasai China. Triton menjadi fokus dalam salah satu misi tersebut pada 2018. [uh/ab]

BACA JUGA :  SMA Xaverius Bandarlampung Selenggarakan Kegiatan Live In di Desa Pesawaran Indah