Unila Ikut Serta Penyusunan Rancangan Awal RPJPD Lampung 2025-2045

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Universitas Lampung (Unila) turut serta dalam penyusunan Rancangan Awal RPJPD Provinsi Lampung 2025-2045 melalui Forum Konsultasi Publik yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung. Kegiatan berlangsung di Hotel Novotel, Bandar Lampung, Selasa, 31 Oktober 2023.

RPJPD Lampung 2025-2045 memiliki visi “Mandiri, Maju, Berkelanjutan” yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing ekonomi, khususnya di masyarakat Lampung, yang diharapkan akan berdampak positif pada peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan TIK Unila Dr. Ayi Ahadiat, S.E., M.B.A., saat menjadi narasumber pada kegiatan itu menjelaskan peran utama perguruan tinggi dalam mengimplementasikan inovasi dan ilmu pengetahuan menghadapi tantangan dan peluang bangsa saat ini. Ia menekankan, setiap elemen harus berperan aktif dalam mencapai tujuan ini.

Ayi juga menyoroti potensi pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung sebesar 4,28 persen, yang harus diimplementasikan melalui transformasi, termasuk pemerataan dan pengembangan wilayah, serta penyediaan sarana prasarana berkualitas yang berkelanjutan. Ia menekankan pentingnya berpikir di luar kebiasaan untuk memastikan Lampung siap untuk mewujudkan visi “Indonesia Emas”.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Provinsi Lampung Mulyadi Irsan menjelaskan, RPJPD ini akan menjadi panduaan pembangunan Provinsi Lampung selama dua dekade ke depan. Oleh karena itu, visi calon kepala daerah yang akan menjabat selanjutnya harus sejalan dengan RPJPD yang sudah ditetapkan.

Ia juga mencatat, di tahun 2024, Indonesia akan mengadakan pemilihan kepala daerah secara serentak, dan visi para calon kepala daerah diharapkan dapat mendukung RPJPN 2025-2045.

Forum Konsultasi Publik ini dibuka secara simbolis oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Zainal Abidin. Acara ini dihadiri perwakilan Kepala Bappeda dari kabupaten dan kota, perwakilan forkopimda, akademisi, organisasi kepemudaan, dan perwakilan masyarakat umum.
Selain memberikan pandangan mengenai RPJPD, Unila menampilkan stand pada bazar mengenai hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.***

BACA JUGA :  Rektor Serahkan SK Guru Besar Dosen dan SK Perpanjangan Kontrak Dosen dan Tendik Non ASN