Xiaomi Luncurkan Mobil Listrik

KRAKATOA.ID (VOA) — Kini muncul pemain besar baru dalam pasar kendaraan listrik. Produser telepon pintar China, Xiaomi telah memasuki pasar yang terus berkembang ini, dan meluncurkan kendaraan listrik pertama mereka pada Kamis (28/12).

Mobil sedan ini diberi nama SU7, kependekan dari Speed Ultra.

Produsen telepon pintar China ini mengatakan, bahwa mereka ingin menjadi salah satu dari lima produsen mobil terbesar dunia.

Kepala Eksekutif Xiaomi, Lei Jun, mengatakan bahwa mobil ini akan memiliki teknologi yang disebut sebagai motor super elektrik. Teknologi ini akan membuat mobil itu mampu menampilkan akselerasi kecepatan lebih tinggi dari mobil-mobil Tesla dan mobil listrik keluaran Porsche.

Mobil ini tampaknya akan sudah dipasarkan dalam beberapa bulan ke depan, tetapi debutnya sudah dimulai ketika pasar mobil China dalam posisi keteteran karena kelebihan kapasitas produksi.

Pasar China juga menghadapi penurunan permintaan yang disebabkan karena adanya perang harga.

Namun, semua itu tidak menghentikan tujuan besar Xiaomi, dengan rencana untuk membangun apa yang disebutnya sebagai “mobil impian yang bisa menyaingi Porsche dan Tesla”.

SU7 ini diharapkan menarik minat pembeli karena sistem operasinya yang disandingkan dengan produk telepon genggam Xiaomi yang terkenal dan perangkat-perangkat elektronik lainnya.

Mobil ini akan diproduksi dalam dua versi, satu dengan daya jelajah hingga 415 mile atau 667 km untuk satu kali pengisian daya. Satu model lagi akan memiliki daya jelajah hingga 804 km. Sebagai perbandingan, Tesla Model S memiliki daya jelajah hingga 648 km.

Harga mobil baru Xiaomi ini juga belum diumumkan. [ns/jm]

BACA JUGA :  Audiensi dengan Kadin, Kapolri Kedepankan Pendampingan-Pencegahan Ciptakan Iklim Investasi Kondusif