Graduation Day SMA Xaverius Bandarlampung : Akhir Cerita Putih Abu, Tinggalkan Sejuta Memori

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Rabu, 08 Mei 2024 telah berlangsung acara kelulusan siswa-siswi SMA Xaverius Bandarlampung. Hari ini, lapangan basket dipenuhi dengan persona fantastis dan potret raut wajah haru bahagia siswa-siswi kelas XII. Dibalut dengan kehangatan, kebersamaan, dan harapan baru yang berpijar, momen graduation menjadi simbol pencapaian, perpisahan, dan awal yang baru untuk mereka yang berbahagia hari ini.

Tak terasa 3 tahun menempuh pendidikan dengan seragam putih abu. Seperti kata pepatah “Perpisahan itu ada, agar kita bisa menghargai sebuah pertemuan.” Demikian juga halnya dengan para siswa-siswi SMA Xaverius Bandarlampung yang menamatkan studinya pada tahun ajaran ini. Rabu, 08 Mei 2024 menjadi hari pengumuman kelulusan bagi seluruh siswa-siswi kelas XII SMA Xaverius Bandarlampung.

Beragam rangkaian acara berlangsung dengan meriah untuk menyemarakkan acara kelulusan tahun ini. Mulai dari penampilan-penampilan kreatif dari siswa-siswi nya sampai ke penampilan surprise dari Bapak Ibu guru yang semakin memeriahkan suasana kelulusan hari ini. Mengusung tema “The Night Of Euphoria” dengan harapan bahwa acara graduation ini dapat memberikan kesan manis dengan sejuta memori yang terukir selama siswa-siswi kelas XII belajar di SMA Xaverius Bandarlampung ini sebelum mereka melanjutkan mimpi mereka ke jenjang berikutnya.

Acara Graduation SMA Xaverius Bandarlampung tahun ini agak berbeda,angkatan yang masuk pertama kali ketika covid 2019 masih merebah, lalu angkatan ini berjumlah 8 kelas dan angkatan tahun terakhir menggunakan kurikulum 2013. Lalu ada hal yang mengesankan salah satu siswa bernama Syakhila Putri Firsada yang selama ini belajar melalui online dikarenakan sakit dan harus berada di Jakarta. Tetapi Syakhila merupakan siswa yang luar biasa karena dapat mengikuti pembelajaran dengan maksimal walaupun pembelajaran online. Dan ini kesempatan yang pertama kali Syakhila datang ke sekolah untuk melihat keadaan sekolah dan bertemu dengan teman-temannya seangkatan.

BACA JUGA :  Jumat Curhat di Campang Jaya, Kapolresta Bandar Lampung Ajak Masyarakat Jaga Toleransi Kerukunan Umat Beragama

Ada juga Shalysa Zella Antoni seorang siswa juga yang juga memilki keterbatasan fisik tetapi Ia juga memiliki semangat belajar yang kuat untuk berhasil.tetapi dalam kesempatan acaara graduation ini ia sedang menjalani terapi di Jakarta. Ini menjadi bukti bahwa Setiap orang bisa belajar dimanapun dan kapanpun walaupun kita memiliki keterbatasan tetapi dengan semangat yang kuat kita bisa meraih mimpi-mimpi kita untuk melangkah ke masa depan yang lebih baik.

Ketua Yayasan Xaverius Tanjungkarang, Romo Andreas Sutrisno.

Hadir pula dalam acara ini Ketua Yayasan Xaverius Tanjungkarang, Romo Andreas Sutrisno. Romo Sutris juga tak lupa menyapa Syakhila dan Shalysa secara khusus dan mengucapkan terimakasih atas kehadirannya di sekolah ini. Inilah sekolahmu dan teman-temanmu. Tak lupa juga dia menyapa Shalsya yang pada kesempatan ini tidak bisa hadir karena sedang menjalani terapi. Mereka berdua adalah orang yang istimewa dan hebat karena memiliki kemauan dan semangat belajar yang sungguh luar biasa walupun memilki keterbatasan fisik atau sakit. “Terimakasih pula juga karena kalian berdua memilih SMA Xaverius Bandarlampung untuk mejadi teman seperjalanan Anda, sehingga kami dapat menghantar haparapan kalian,” kata Romo Sutris.

F. Joko Winarno, selaku Kepala SMA Xaverius Bandarlampung dalam sambutannya mewakili guru dan karyawan SMA Xaverius Bandaralampung menyampaikan rasa bangga yang lura biasa kepada para siswa kelas XII atas perjuangan yang dupayakan selama 3 tahun di sekolah ini semoga berguna bagi masa depan kalian.

“Angkatan ini adalah angkatan yang memiliki kekhasan yaitu angkatan terakhir dengan kurikulum 2013, angkatan dengan jumlah rombel 8 kelas dan angkatan yang tidak pernah pindah posisi kelas selama di SMA Xaverius.”

“Semoga kekhasan ini menjadi pengingat di masa yang akan datang ketika kalian merindukan bertemu teman-teman dan bapak ibu guru untuk menjalankan reuni di tempat ini. Maka persiapkanlah masa depan kalian dengan sunguh-sunguh. Selama kalian berproses bersama di SMA Xaverius, seluruh guru berupaya memberikan yang terbaik untuk kalian menjadi manusia yang berkarakter dan memiliki pola piker yang baik dan itu semua dibentuk melalui proses pendidikan,” kata F. Joko.

BACA JUGA :  Siswa-Siswi SMA Xaverius Bandarlampung Ikuti Penutupan Pekan Laudato Si’ 2024 di Bukit Tentrem

F. Joko juga mengucapkan harapan bagi para siswa kelas XII semoga apa yang kalian dapatkan dari pembelajaran di sekolah ini dan apa yang kalian cita-citakan dapat tercapai dengan baik.

Kepala SMA Xaverius Bandarlampung, F. Joko Winarno.

Aida Kartika selaku orang tua dari Syakhila juga turut hadir dalam acara Graduation di SMA Xaverius Bandarlampung mengucapkan banyak terimakasih untuk Kepala Sekolah dan Bapak Ibu Guru yang telah menghantar para siswa untuk dapat menyelesaikan pembelajarannya di SMA Xaverius Bandarlampung ini. Aida juga berpesan kepada para siswa kelas XII bahwa tetap semngat terus untuk belajar dan petiklah nilai-nilai karakter dan pembelajaran yang sudah diajarkan oleh sekolah untuk menjadi bekal kalian di masa depan.

Aida Kartika selaku orang tua dari Syakhila.

Yohana Galiatri Sitanggang mewakili para siswa kelas XII mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak ibu guru atas pendampingan selama ini bagi para siswa dengan kesulitan-kesulitan yang kami alami tetapi pelayanan yang tulus dari bapak ibu guru mebawa kami dan mengantarkan kami untuk dapat menyelesaikan pembelajaran di SMA Xaverius Bandaralampung.

“Sama halnya juga saya mengucapkan terimakasih bagi orang tua kami karena berkat niat, jerih payah, tangis dan keringat kami bisa berhasil pula menyelesaikan pembelajaran di SMA Xaverius Bandarlampung.

Yohana juga berpesan kepada para siswa kelas XII “hari ini dan 1095 hari yang telajh lewat akan jadi masa lalu sekaligus menjadi pengingat akan semua jasa orang-orang baik di tempat ini. Jadi, jangan sungkan untuk melihat ke belakang dan berkunjung sesekali untuk mengucapkan terimakasih atas pengelaman kebersamaan ini.”

Yohana Galiatri Sitanggang.

Juanterli, Selaku Ketua OSIS SMA Xaverius Bandarlampung dalam sambutannya mengucapkan selamat atas kelulusan kakak-kakak kelas kelas XII, sukses selalu dan semoga kakak-kakak dapat mengambil nilai-nilai Humanitas, Kecerdasan, Kejujuran, kedisiplinan, dan Pelayanan di pembelajaran selanjutnya. Ia juga berpesan kepada Kakak-kakak kelas XII bahwa “meskipun kita berpisah, tetapi kenangan dan ikatan persaudaraan kita akan tetap abadi.”

BACA JUGA :  Febrianto Mahasiswa Unila Lalui PMM di Universitas Padjadjaran

Semoga Garaduation ini menjadi kesan dan pengalaman untuk kakak-kakak kelas XII untuk melangkah ke jenjang berikutnya. “Kisahnya begitu singkat, tetapi rindunya kuat melekat dan biarpun raga terpisah, tetapi hati tetaplah menyatu”. Jayalah Xaverius. Dan Salam HK3P.

Kontributor : Valentinus Utomo
Editor : F. Joko Winarno