Peserta Latihan Dasar Kepemimpinan SMA Xaverius Bandarlampung Diberikan Materi Public Speaking sebagai Bekal Utama

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Ada hal menarik dari Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) SMA Xaverius Bandarlampung yang berlangsung di Villa Bukit Tentrem, Batu Putu, Bandarlampung. Peserta dibekali materi public speaking yang diberikan oleh salah satu dosen Ilmu Komunikasi Universitas Bandarlampung M. Denu Poyo, S.I.K., M. I. Kom.

Public speaking merupakan seni berbicara dihadapan umum, baik itu skala kecil seperti keluarga hingga skala besar seperti pada organisasi dalam rangka menyampaikan informasi dan gagasan untuk memperoleh kepercayaan dan dukungan dari orang lain.

Fellicia Hasan salah satu peserta LDK memberikan kesan pada materi public speaking.

“Menurut saya, materi public speaking ini sangat membantu saya dan teman-teman peserta LDK dalam pengembangan soft skill kami. Bukan hanya diberikan materi, tetapi kami juga diberikan cara public speaking yang benar seperti apa dan bagaimana cara mempraktikkannya, apalagi kami mendapatkan mentor yang terpercaya,” ungkap Fellicia di Villa Bukit Tentrem, Jumat (7/6/2024).

M. Denu Poyo, dan tim pada LDK kali ini memberikan pembekalan mengenai bagaimana menjadi public speaker yang baik, dimulai dari mengatasi kendala dalam diri sendiri, mengenal psikologi peserta sampai pada tahap bagaimana peserta dapat mempraktekkan secara public speaking tersebut.

“Hal ini penting sekali bagi lebih peserta agar senantiasa belajar dan berlatih untuk menggali dan mengasah potensi yang sudah ada dalam diri masing-masing untuk dapat mengurangi kesalahan dalam berbicara,” kata Denu.

Tidak hanya peserta pun diajak untuk mendalami public speaking melalu game yg dibawakan oleh pemateri. Di sini peserta LDK sangat antusias sekali dalam melakukan praktek public speaking secara langsung bagaimana pentingnya ilmu dan keterampilan dalam public speaking tersebut dalam kemajuan pribadinya ke depan.

BACA JUGA :  SMA Xaverius Bandarlampung Bentuk Karakter Pemimpin yang Profesional dan Bertanggung Jawab Melalui Latihan Dasar Kepemimpinan

Denu dan tim memberikan penghargaan kepada peserta terbaik serta cinderamata atas keberhasilan peserta yang melakukan praktek public speaking yang terbaik.

“Harapannya semoga para peserta dapat mengambil manfaat dan nilai penting dalam materi public speaking. Sukses selalu untuk para Xaverian,” imbuh Denu.***

Kontributor : Valentinus Utomo