Indonesia AirAsia Tambah 2 Rute Internasional Sekaligus, Terbang Langsung Dari Denpasar ke Phuket & Kota Kinabalu

KRAKATOA.ID, JAKARTA –– Maskapai berbiaya hemat terbaik dunia versi skytrax, Indonesia AirAsia, kembali membuka 2 rute internasional yang terbang langsung dari Denpasar ke Phuket, Thailand dan Denpasar ke Kota Kinabalu, Malaysia. Pembukaan rute ini menunjukkan upaya Indonesia AirAsia dalam memperluas konektivitas jaringan udara dan memperkuat potensi pariwisata Indonesia dimata dunia.

“Indonesia AirAsia terus melakukan terobosan baru dalam membuka berbagai rute penerbangan yang dapat memudahkan penumpang untuk berkunjung dari satu destinasi ke destinasi lainnya. Seperti kedua rute terbaru ini, yang menjadi satu-satunya penerbangan langsung yang menghubungkan destinasi populer Denpasar-Phuket, Thailand dan Denpasar-Kota Kinabalu yang terletak di Sabah, Malaysia,” kata Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine di Jakarta, Kamis (13/6).

Veranita menambahkan sejak dibukanya rute Jakarta-Kota Kinabalu pada Februari lalu, terlihat betapa antusiasnya penumpang atas rute ini. Tercatat dari Februari hingga Mei 2024, tingkat keterisiannya mencapai lebih dari 94%. Sehingga Indonesia AirAsia mengambil langkah strategis dalam melebarkan sayapnya dan kembali menghubungkan penumpang dari Indonesia ke Kota Kinabalu melalui Denpasar.

Menilik data dari Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS), selama tahun 2023 wisatawan asal Malaysia juga menduduki posisi pertama sebagai wisatawan mancanegara terbanyak yang mengunjungi Indonesia dengan total 16,28% atau sebanyak 1,901,242 wisatawan. Begitu pun dengan Indonesia, berdasarkan data dari Departemen Imigrasi Sabah, Malaysia pada tahun 2023, wisatawan mancanegara asal Indonesia juga menduduki peringkat ketiga atau sebanyak 91,917 wisatawan yang mengunjungi Sabah.

Sementara itu wisatawan mancanegara asal Thailand juga terlihat mengalami kenaikan yang cukup signifikan. BPS mencatatkan di tahun 2023 jumlah wisatawan mancanegara Thailand naik sebesar 82,88% atau 111,786 kunjungan, jika dibandingkan dengan tahun 2022 yang hanya mencapai 61,128 kunjungan.

BACA JUGA :  Peringati HDI, HKSN dan Peresmian Sekretariat PKDL, Pemprov Lampung Serahkan Bansos Sembako, UEP, Hingga Pengobatan

Diharapkan dengan penambahan rute baru ke Phuket dan Kota Kinabalu ini, dapat meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia di tahun 2024. Sehingga bisa mencapai target yang telah ditentukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebanyak 17 juta kunjungan, serta memberikan kontribusi positif melalui peningkatan jumlah kunjungan wisatawan, baik di sektor pariwisata maupun perekonomian Indonesia.

Selain itu, pembukaan rute-rute ini berkontribusi dalam meningkatkan konektivitas udara antar destinasi wisata di ASEAN, memudahkan wisatawan internasional mengunjungi beberapa destinasi. Hal ini mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan pendapatan, lapangan kerja, dan investasi, serta memperkuat kerjasama regional dan pertukaran budaya.***