Pemprov Lampung Salurkan Bantuan Beras Cadangan Pangan Kepada Masyarakat Korban Bencana Alam di Kabupaten Mesuji

# Dibaca: 327 pengunjung

KRAKATOA.ID, MESUJI — Sebagai bentuk kepedulian sosial dan komitmen pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan sampai ketingkat perseorangan, Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung menyalurkan bantuan beras cadangan pangan Pemerintah Daerah Provinsi Lampung kepada masyarakat korban bencana alam di Kabupaten Mesuji.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang diwakili Plt. Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ir. Kusnardi, M. Agr, Ec., menyerahkan secara simbolis kepada calon penerima manfaat bantuan cadangan pangan di Balai Desa Nipah Kuning, Kecamatan Mesuji, Selasa, 15 Maret 2022.

Hadir pada acara itu Wakil Bupati Mesuji Haryati Candralela, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Lingkup Kabupaten Mesuji dan beberapa perwakilan calon penerima manfaat bantuan cadangan pangan Pemerintah Provinsi Lampung.

 Acara penyaluran bantuan beras cadangan pangan kepada masyarakat korban bencana alam di Kabupaten Mesuji menerapkan protokol kesehatan ketat. 

Plt. Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kusnardi menyapaikan, kegiatan ini terlaksana sebagai komitmen pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan sampai ketingkat perseorangan sebagaimana yang diamanahkan UU No. 18 Tahun 2012 Tentang Pangan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Mesuji yang telah berkontribusi melakukan pendataan terhadap masyarakat yang terdampak banjir yang terjadi pada tanggal 26 Januari 2022,” kata Kusnardi.

Menurut Kusnardi, pendataan yang dilakukan oleh Tim Verifikasi Cadangan Pangan Daerah Kabupaten Mesuji, ditemukan 1572 jiwa yang diindikasikan rentan terhadap kerawanan pangan yang berada di daerah aliran Sungai Buaya dan Sungai Mesuji.

”Meliputi Desa Talang Batu 1290 jiwa, Desa Sungai Cambai 193 jiwa, Desa Kagungan Dalam 56 jiwa, dan Desa Nipah Kuning 33 jiwa,” jelasnya.

Plt. Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ir. Kusnardi, M. Agr, Ec., bersama para perwakilan calon penerima manfaat bantuan cadangan pangan di Balai Desa Nipah Kuning, Kecamatan Mesuji, Selasa, 15 Maret 2022.

Dikatakan Kusnardi, terjadinya musibah banjir di tengah adanya aturan untuk melaksanakan pembatasan kegiatan masyarakat akibat adanya pandemi covid-19 turut melengkapi kesulitan masyarakat yang terdampak banjir untuk mendapatkan bahan pangan.

Baca Juga :   Universitas Lampung Gelar Rakor Persiapan Proses Akreditasi Internasional Prodi Eksakta dan Humaniora

“Atas dasar hal tersebut Gubernur Lampung melalui Pemerintah Provinsi Lampung hadir dan melakukan intervensi dengan memberikan bantuan pangan dengan mendistribusikan Cadangan Pangan Pemerintah Provinsi Lampung sebanyak 42.444 Kg kepada masyarakat yang diindikasikan rentan terhadap kerawanan pangan di Kabupaten Mesuji,” tandasnya.

Kusnardi yang juga Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung ini berharap berharap dalam penyaluran Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah Provinsi Lampung tetap melaksakan protokol kesehatan.

“Tentu dengan bersama-sama menerapkan 5 M yang meliputi mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menajuhi kerumunan, mengurangi mobilitas,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Mesuji Haryati Candralela mewakili warganya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung atas bantuan beras cadangan pangan bagi masyarakat korban bencana alam.

“Ini sangat membantu kepada masyarkaat kami yang terdampak bencana, sebagai wujud kepedulian sosial Pemerintah Provinsi Lampung,” ucap Haryati Candralela.***