PSPPI FT Unila Mengukuhkan 113 Insinyur dari Kelas Kerjasama PII Wilayah Lampung

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — 113 Insinyur dikukuhkan oleh Program Studi Program Profesi Insinyur Fakultas Teknik Universitas Lampung (PSPPI FT Unila) di Swiss-Belhotel Lampung pada, Minggu 25 September 2022. Acara ini adalah bagian dari implementasi amanat UU No. 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran.

Beberapa tokoh publik yang hadir pada acara adalah Sekretaris Jendral PII Pusat (Ir. Bambang Goeritno Soekamto, M.Sc.,MPA., IPU., APEC Eng), Ketua Komite Pengembangan Organisasi PII Pusat (Dr. Ir. Eden Gunawan, MM., IPM., ASEAN Eng.), Wakil Rektor Bidang Teknologi Informasi Komunikasi dan Kerjasama Universitas Lampung (Prof. Ir. Suharso, PhD), Ketua Umum PII Wilayah Lampung (Ir. Taufik Hidayat, MM., MP., IPM), Dekan Fakultas Teknik Universitas Lampung ( Dr. Eng. Ir. Helmy Fitriawan, S.T., M.sc.) dan Sekretaris Daerah Kabupaten Tulang Bawang (Ir. Anthony, M.M).

Acara ini cukup istimewa bagi Sekda Kabupaten Tulang Bawang, Ir. Anthony, M.M., karena menjadi salah satu insinyur yang dikukuhkan dalam acara.

Ketua Program Studi PSPPI FT Unila, Dr. Eng. Ir. Dikpride Despa, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng, mengutarakan dalam sambutannya bahwa jumlah mahasiswa yang diwisuda pada periode September 2022 adalah sebanyak 235 Mahasiswa dari 238 mahasiswa PSPPI yang terdaftar pada semester Genap 2021/2022.

“Yang terdiri dari Kelas Reguler, Kerjasama PII Wilayah Lampung, dan Kerjasama PII cabang Banyu Asin,” jelas Dikpride Despa.

Dikatakannya, jumlah alumni PSPPI Unila sejak tahun 2018 sampai saat ini adalah 728 mahasiswa.

Pembukaan acara dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Teknologi Informasi Komunikasi dan Kerjasama Universitas Lampung (Wakil Rektor Bidang TIK Unila), Prof. Ir. Suharso, PhD.

Dalam sambutannya Suharso menyampaikan peranan penting insinyur dalam pembangunan, mulai dari fase inisiasi, fase perencanaan, fase eksekusi, dan monitoring serta pada fase project close out.

“Semuanya membutuhkan insinyur-insinyur handal yang mengedepankan profesionalisme, etika dan integritas dengan menjunjung tinggi dan menjalankan kode etik profesi insinyur,” tandasnya.

BACA JUGA :  SNIP 2022 Universitas Lampung Digelar, Dorong Percepatan Pemulihan Ekonomi Global

Pengukuhan hari ini merupakan pengukuhan kedua, setelah sebelumnya dilaksanakan pada hari Sabtu 17 September 2022 dengan jumlah 122 mahasiswa dan yang merupakan Mahasiswa kelas Reguler dan Kerjasama PII Cabang Banyu Asin Kelas Palembang dan OKU Timur.

Pada kelas reguler, terdapat beberapa dosen FT Unila yang dikukuhkan menjadi insinyur, yaitu: Dr. Eng. Ir. Mardiana, S.T., M.T., Ir. Vera Agustriana N, S.T.,M.T.,Ph.D., Ir. Khairudin, S.T., M.Sc., Ph.D. Eng, Ir. Herri Gusmedi, S.T.,M.T., Ir. Martinus, S.T., M.Sc, dan Ir. Tas’an Junaedi, S.T.,M.T., Ir. Akhmad Zakwan, M.Ling serta juga termasuk Bupati OKU Timur, Ir. H Lanosin, S.T.. Dan, pada acara ini dikukuhkan dari kelas kerjasama PII Wilayah Lampung dengan jumlah 113 mahasiswa.

Pengukuhan kepada 113 insinyur dilakukan oleh Sekjen PII Pusat, Wakil Rektor Bidang TIK Unila, dan Dekan FT Unila.

Pelantikan dan pengukuhan insinyur disimbolkan dengan pengalungan medali dan pemakaian safety helmet bagi para insinyur baru yang wajib berpegang teguh kepada Kode Etik Insinyur.***

Komentar