Unila Gelar Kajian Kebangsaan Bertajuk Perspektif Pancasila dalam Pandangan Agama

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Laboratorium Pendidikan Karakter Masjid Al Wasii bekerja sama dengan PM-MKU Universitas Lampung (Unila) mengadakan kegiatan Kajian Kebangsaan bertajuk “Perspektif Pancasila dalam Pandangan Agama”.

Acara yang diselenggarakan di Masjid Al Wasii ini dibuka secara resmi Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unila Prof. Dr. dr. Asep Sukohar, S.Ked., M.Kes., Kamis 6 Oktober 2022.

Prof. Asep dalam sambutannya mengatakan, Pancasila dan agama merupakan unsur yang melekat dalam masyarakat Indonesia.

Pancasila juga dibentuk atas dasar nilai-nilai beragama, apa yang diusung Pancasila secara keseluruhan adalah visi agama dalam risalahnya sehingga keduanya saling mendukung untuk meningkatkan dan membangun semangat kebangsaan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Hubungan antara agama dan Pancasila senantiasa menghadirkan sebuah konsekuensi hukum di Indonesia yang berlandaskan Ketuhanan yang Maha Esa, menegaskan bahwa Pancasila atas nama konstitusi mengurusi urusan agama dan kepercayaan.

Prof. Asep berharap, apa yang disampaikan pemateri mengenai wawasan kebangsaan, Pancasila, dan agama, dapat menjadi pedoman dan diamalkan dalam kehidupan kampus maupun kehidupan sehari-hari.

“Kalian adalah generasi akan datang yang nanti mempertahankan negeri ini. Saya berharap apa yang disampaikan pemateri dapat menjadi pegangan sehingga kalian tidak terjerumus dalam kelompok-kelompok yang nanti menjerumuskan,” ujarnya.

Adapun pemateri pada kegiatan ini adalah Sekretaris Umum MUI Kota Bandarlampung Ustaz Dr. Abdul Aziz, M.Pd.I., dan Kaprodi Pendidikan Pancasila Unila Yunisca Nurmalisa, S.Pd., M.Pd. Kegiatan turut dihadiri takmir Masjid Al Wasii beserta jajaran, dan mahasiswa Unila.***

BACA JUGA :  Rektor Unila Beserta Jajaran Bangun Kekompakan Lewat Character Building

Komentar