Dinsnaker Lampung Kampanyekan Budaya K3 Lewat Senam Bersama, Menuju Lampung Zero Accident

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Lampung mengkampanyekan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) melalui senam bersama di halaman kantor setempat, Jumat (03/02/2023).

Senam bersama yang dihadiri sekitar 200 orang ini tidak hanya diikuti oleh pegawai Dinas Tenaga Provinsi Lampung namun juga perwakilan dari 11 perusahaan di Sai Bumi Ruwa Jurai.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Provinsi Lampung Dr. Agus Nompitu, S.E., M.T.P. mengatakan momentum peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2023 yang berlangsung dari tanggal 12 Januari hingga 12 Februari untuk menyentuh partisipasi masyarakat membudayakan K3.

“Kita jadikan momentum untuk bulan keselamatan dan kerja. Ini semua untuk menyentuh pada partisipasi masyarakat untuk membudayakan K3, utamanya bagi perkerja di tempat kerja meraka masing-masing, sehingga dengan peringatan ini selalu memberikan kesadaran kepada perusahan-perusahaan termasuk juga bagi tenaga kerjanya untuk mematuhi demi keselataman kerja,” kata Dr. Gusnom, begitu sapaan akrab Agus Nompitu pada Krakatoa.id. Dalam wawancaranya Dr. Gusnom didampingi Kasi Penegakan Hukum Disnakar Lampung Helmi Adi, S.I.P. S.T., M.M., dan Fungsional Pengawas Disnaker Lampung Eko Heru Misgianto, S.Pd.

Senam bersama yang dihadiri sekitar 200 orang ini tidak hanya diikuti oleh pegawai Disnaker Lampung namun juga perwakilan dari 11 perusahaan di Sai Bumi Ruwa Jurai.

Dikatakan Dr. Gusnom selain pada parusahaan, Disnaker Lampung juga gencar mengkampanyekan budaya K3 pada tenaga kerja di masing-masing perusahaan.

“Kita kampanyekan kepada perusahaan dan tenaga kerja, artinya agar perusahan-perusahaan terus memperhatikan hal-hal yang berpengaruh terhadap keselamatan dan kesehatan kerja. Begitu juga dengan tenaga kerjanya untuk menggunakan berbagai peralatan, alat pelindung diri dalam bekerja, sehingga tidak abai, tidak lalai, sehingga kita memperkecil segala bentuk kecelakaan kerja,” kata dia.

Menurut Dr. Gusnom pihaknya akan terus menggaungkan budaya K3 guna mewujudkan Provinsi Lampung zero accident.

“Kita berharap seluruh perusahan di Provinsi Lampung zero accident juga zero pelanggaran dalam hal norma kerja dan juga zero di dalam penegakan hukum atau penindakan tempat kerja itu sendiri,” tambah Dr. Gusnom.

BACA JUGA :  Berikut Isi Lengkap Gugatan Pra Peradilan Agus Nompitu, Nilai Penetapan Tersangka Korupsi KONI Lampung Tidak Sah

Diterangkan Kadisnaker Lampung selain kampanye budaya K3, kegiatan senam bersama ini juga sebagai ajang untuk membangun kebersamaan dan kesehatan.

“Hari ini kita masih dalam rangka peringatan pencangan dari bulan keselamatan dan kesehatan kerja atau bulan K3. Kita melaksanakan senam bersama pada hari ini dengan seluruh karyawan karyawati juga, PTHL dan dari beberapa perusahaan yang ikut dalam kesempatan ini untuk membangun kebersamaan dan tentu juga kesehatan di antara kita,” pungkasnya.***