Calliandra Hills Selapan Gencar Dipoles, Kepala Pekon Harapkan Partisipasi Pengunjung untuk Menanam Pohon

KRAKATOA.ID, PRINGSEWU — Calliandra Hills merupakan salah satu destinasi wisata baru tengah gencar dikembangkan oleh Pemerintah Pekon Selapan, Kecamatan Pardasuka, Kabupaten Pringsewu.

Calliandra Hills terletak pada ketinggian 780 mdpl ini menawarkan pemandangan eksotis dan memiliki udara sejuk. Jika camping di lokasi ini, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan gunung, seperti Gunung Tanggamus, Gunung Betung, Gunung Ratai, dan bukit-bukit yang mengelilingi. Selain itu pemandangan kabut menjadi daya tarik utama Calliandra Hills, sehingga tempat ini dijuluki ‘negeri di atas awan’.

Kepala Pekon (Kakon) Selapan, Maryono berharap Calliandra Hills menjadi destinasi favorit baru di Kabupaten Pringsewu. “Harapannya menjadi salah satu destinasi desa di Kabupaten Pringsewu,” kata Maryono saat dijumpai Krakatoa.id, di Pekon Selapan, Kamis petang (8/2/2024).

Kakon Maryono menyampaikan keinginannya pada setiap wisatawan yang berkunjung untuk turut serta menghijaukan Calliandra Hills karena lokasinya masuk dalam area Hutan Kemasyarakatan (HKm).

“Harapannya wisata dan menanam karena lokasinya berada di lahan HKm di Register 21 Perindian Batu, nah harapan kita nanti setiap pengunjung ini menanam. Agar harapan selain untuk berwisata juga ada kepedulian tentang lingkungan, harapan hutan kembali sebagai fungsinya hijau dan manfaatnya bisa dikelola oleh masyarakat khususnya Desa Selapan, Kecamatan Pardasuka, Kabupaten Pringsewu,” jelasnya.

Maryono menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya atas semangat dan kekompakan pemuda di Pekon Selapan dalam upaya mengembangkan Calliandra Hills .

“Ya alhamdulilah kawan-kawan Pengurus Pokdarwis di Pekon Selapan dan Karang Taruna ini antusias untuk menggiatkan. Nah harapan ke depan ini ayo bareng-bareng konsep wisata menanam juga wisata keluarga harapannya nanti juga bisa menjadi sebuah peluang usaha untuk kawan-kawan muda di Pekon Selapan,” tandas Maryono.

BACA JUGA :  Dinsnaker Lampung Kampanyekan Budaya K3 Lewat Senam Bersama, Menuju Lampung Zero Accident

Pemerintah Pekon Selapan pun telah memberikan dukungan berupa pelatihan bagi anggota Kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Tidak hanya itu, pihaknya telah memulai membangun fasilitas umum seperti kamar mandi, cuci, kakus (MCK) di lokasi Calliandra Hills.

“Suport kita pelatihan Pokdarwis, kemudian insyaaallah ke depan amenitas untuk kebutuhan di atas (Calliandra Hills) yang belum ada hari ini misalnya toilet, MCK, nah ini insyaallah kita suport dan gotong-royong bersama-sama masyarkat dan kawan-kawan kelompok tani yang ada di Selapan,” pungkasnya.***