SMP Xaverius Kalirejo Lakukan Regenerasi dan Seleksi Personil Musik Ensemble

KRAKATOA.ID, KALIREJO — SMP Xaverius Kalirejo, salah satu unit lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Xaverius Tanjungkarang mengadakan regenerasi dan seleksi personel musik ensemble bagi peserta didik kelas VII (7) yang dilaksanakan pada Jumat, 03 Mei 2024 bertempat di sekolah SMP Xaverius Kalirejo.

Musik Ensemble adalah kegiatan bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan sejumlah alat musik tertentu, kemudian memainkan lagu-lagu tersebut dengan aransemen yang sederhana.

Di SMP Xaverius Kalirejo, musik ensemble menjadi salah satu ekstrakurikuler yang didampingi dan dilatih oleh pelatih khusus yaitu Mateas Pupuk Yudianto dan Dedy Afrizal, beliau menjadi pelatih music ensemble di SMP Xaverius Kalirejo sejak 2021.

Pendampingan mereka berdua berhasil membawa grup musik ensemble SMP Xaverius Kalirejo pentas di berbagai acara atau kegiatan. Grup ini bernama Voxa Fontana Prospera, pernah tampil di beberapa Gereja Katolik yang ada di Paroki St.Petrus Kalirejo serta tampil di acara tahbisan Imam yang disaksikan langsung oleh Uskup Tanjungkarang.

Regenerasi dan penyeleksian grup musik ensemble ini bertujuan untuk mencari kembali bibit baru personil yang ada di SMP Xaverius Kalirejo di bidang musik, karena personil yang lalu telah menyelesaikan pendidikan di sekolah.

Personil sebelumnya di grup musik ensemble berjumlah 41 peserta didik dari tahun 2021-2023. Di tahun 2024 ini SMP Xaverius Kalirejo meregenerasi dan menyeleksi kembali peserta didik untuk periode 2024-2026. Seleksi ini diadakan pukul 09.30-12.00 wib pada hari Jumat, 03 Mei 2024.

Alat musik ensemble yang ada ada di SMP Xaverius Kalirejo berupa, gitar bass, piano, biola, pianika, saxophon, trompet, trombon, french horn, baritone, tuba, flute, klarinet, marching bel dan lain-lainya. Semua alat musik ini akan dimainkan dan dilatih secara khusus oleh grup Voxa Fontana Prospera SMP Xaverius Kalirejo.

BACA JUGA :  Polresta Bandar Lampung Gelar Lat Pra Ops Keselamatan Krakatau 2023

Dengan regenerasi dan penyeleksian yang diadakan ini harapannya menambah semangat baru bagi peserta didik dan khususnya lebih meningkatkan kualitas SMP Xaverius Kalirejo.

Penulis : Wildan Syah Pratama
Editor : F. Joko Winarno