Basarnas Lampung: KMP Batumandi Kandas di Pulau Prajurit Berhasil Dievakuasi

# Dibaca: 101 pengunjung

KRAKATOA.ID, BAKAUHENI — KMP Batumandi kandas di perairan Pulau Panjurit, pihak ASDP bersama tim SAR gabungan evakuasi penumpang pada Rabu (13/07/2022).

Kejadian berawal pada pukul 10.42 WIB KMP Batumandi berangkat dari Dermaga Executive Bakauheni dengan rute Bakauheni – Merak. Pukul 10.55 WIB ketika kapal melintang di perairan Pulau Panjurit, KMP Batumandi mengalami trouble dan melaporkan ke pihak ASDP dan meminta bantuan Tug Boat (TB) untuk dievakuasi, karena posisi haluan kandas di ujung P. Panjurit.

Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Lampung menerima informasi dari Agus Purwanto (BPTD Lampung) pukul 11.20 WIB.

Menindaklanjuti info tersebut Basarnas Lampung mengerahkan personil Pos SAR Bakauheni dan beberapa tambahan personil dari Kantor Basarnas Lampung menuju ke lokasi dan berkoordinasi dengan pihak ASDP dan unsur terkait untuk melaksanakan proses evakuasi.

Berdasarkan informasi dari pihak ASDP, KMP Batumandi mengangkut penumpang berjumlah 393 orang, 5 unit kendaraan roda 2 dan 143 unit kendaraan roda 4.

Basarnas Lampung berkoordinasi dengan pihak ASDP Bakauheni, KSOP Bakauheni, KSKP Bakauheni, BPTD Wil. Lampung Bengkulu, Polairud Polda Lampung, Kodim 0421 Lampung Selatan, Polairud Polres Lampung Selatan, dan Pos AL Bakauheni untuk teknis pelaksanaan evakuasi.

Tim SAR Gabungan melaksanakan evakuasi dengan TB Dua Lapan, TB Merak, Kapal Patroli Polariud dan RIB 02 Basarnas. Evakuasi pertama dilaksanakan Pukul 15.20 WIB menggunakan TB Merak, menuju ke Pelabuhan Bakauheni membawa 30 penumpang.

Evakuasi selanjutnya menggunakan RIB 02 Basarnas Lampung membawa 11 orang penumpang, kemudian diikuti evakuasi oleh kapal patroli Polairud mengevakuasi beberapa penumpang.

Selanjutnya pukul 16.19 WIB KMP Batumandi berhasil keluar dari lokasi kejadian kandas dan bergerak menuju ke Pelabuhan Bakauheni.

Baca Juga :   Kantor SAR Lampung Bantu Evakuasi Jenazah di Sungai Desa Muara Putih Natar

Akhirnya pukul 17.23 WIB KMP Batumandi telah berhasil sandar kembali ke Pelabuhan Bakauheni dengan jumlah penumpang 352 orang di dalamnya dalam kondisi selamat.

Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansyah menyampaikan apresiasi atas kesigapan tim SAR gabungan di lapangan. Menurutnya dengan koordinasi dan kerjasama yang saling mendukung dari berbagai unsur terkait akhirnya proses evakuasi ini berjalan lancar.

“Alhamdulilah proses evakuasi penumpang dan KMP Batumandi dapat berjalan dengan lancar. Kami tidak mengalami kendala yang berarti dalam proses evakuasi penumpang KMP Batumandi karena didukung oleh berbagai pihak baik dari segi alut maupun SDM yang kompeten,” ujar Deden Ridwansyah.***