Perekonomian Indonesia Bertumbuh 5,01% di Kuartal I-2022, F&B ID Turut Ambil Bagian dalam Industri Makanan dan Minuman

# Dibaca: 116 pengunjung

KRAKATOA.ID — Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Kuartal I-2022 berhasil tumbuh 5,01% secara tahunan (yoy) dibanding pada periode yang sama di tahun 2021 yang tercatat tumbuh minus 0,70%. Menariknya, salah lapangan usaha yang memberikan distribusi besar pada pertumbuhan ekonomi yang positif ini yaitu industri makanan dan minuman dengan pertumbuhan sebesar 3,5% secara tahunan.

Di sinilah F&B ID hadir sebagai perusahaan makanan dan minuman di Indonesia untuk turut membantu dalam meningkatkan perekonomian Indonesia dengan menghadirkan berbagai produk kekinian sesuai kebutuhan konsumen.

F&B ID merupakan induk perusahaan yang sejak tahun 2011 menaungi seluruh portofolio pilar bisnis food & beverage dari Kawan Lama Group, kini telah menaungi empat brand terpopuler, di antaranya Chatime, merek minuman brewed tea dengan lebih dari 50 pilihan rasa; Cupbop, merek makanan dengan cita rasa khas Korea seperti rice bowl dan street food, Gindaco, merek Takoyaki nomor 1 di Jepang; dan Chatime Atealier, gerai Chatime yang berkonsep premium dengan memperkenalkan “affordable luxury”. Hingga kuartal II tahun 2022, F&B ID telah berhasil menghadirkan lebih dari 420 gerai Chatime, 18 gerai Cupbop, 23 gerai Gindaco, dan 6 gerai Chatime Atealier yang tersebar di seluruh Indonesia.

Layaknya perusahaan lainnya, F&B ID juga terus berusaha untuk menciptakan inovasi dan kreasi untuk menjawab permintaan konsumennya. Seperti halnya, pada 17 Juni 2022, Chatime meluncurkan “Eco Cup”, alternatif kemasan minuman kekinian ramah lingkungan di seluruh gerainya se-Indonesia. Langkah peluncuran ini merupakan rangkaian good initiatives dari CHATIME CommuniTEA, setelah melakukan #GerakanSapuPlastik pada Hari Peduli Sampah Nasional bulan Februari lalu.

Selain menggunakan bahan yang ramah lingkungan yaitu terbuat dari kertas, kemasan ini didesain dengan tutup yang terintegrasi dengan gelas untuk menghindari penggunaan tutup terpisah, sehingga dinilai lebih simpel dan meminimalisir penggunaan plastik.

Baca Juga :   Arus Balik H+3 di Pelabuhan Bakauheni Berjalan Normal

Sebagai tambahan, hingga Mei 2022, Gerakan Sapu Plastik telah berhasil mengumpulkan 180 kilogram sampah plastik yang selanjutnya akan di-upcycle oleh para UMKM menjadi pouch, totebag, laptop case, coffee sleeve, storage bag, dan lainnya.

Lebih lanjut, dilansir dari survey The State of Snacking 2020, 60 persen orang Indonesia lebih banyak ngemil selama pandemi dibandingkan sebelumnya. Atas dasar itulah, F&B ID melalui brand keduanya; Cupbop, berinisiatif untuk meluncurkan berbagai varian Korean Street Food seperti pada bulan Juni ini telah merilis K-Pop Chikin dengan 5 pilihan saus spesial. Tidak hanya itu saja, Cupbop juga berkolaborasi dengan hampir 100 gerai Chatime se-Indonesia dalam kampanye Once Upon A Snack Time dan berhasil menjual lebih dari satu (1) juta Korean Street Food hanya dalam waktu delapan (8) bulan sejak hari rilisnya.

Tidak hanya Cupbop saja, sejalan dengan tren snacking yang ada, Gindaco juga menjawab kebutuhan pasar ini dengan menghadirkan berbagai varian Takoyaki nomor 1 di Jepang. Pada bulan Mei lalu, Gindaco telah merilis Beef Floss Takoyaki yang mengkombinasikan Takoyaki dengan abon sapi sebagai topping-nya. Gindaco berkomitmen untuk terus menciptakan produk dengan fresh ingredients setiap harinya dan dibuat hingga crispy outside creamy inside.

Brand keempat yang dibawa oleh F&B ID sejak tahun 2019 untuk masyarakat Indonesia adalah Chatime Atealier. Kehadiran gerai Chatime berkonsep premium dengan tagline “affordable luxury” ini diinisasi atas tren yang ada di kalangan Millennials dan Gen Z yang lebih suka menikmati minuman di tempat yang instagrammable.

Hingga bulan Juni 2022, F&B ID telah menghadirkan 6 gerai Chatime Atealier, termasuk Surabaya sebagai store pertamanya di luar Jabodetabek. Tidak hanya Chatime, Chatime Atealier juga turut meramaikan tren kolaborasi antar brand, yaitu di bulan Juni ini kami berkolaborasi dengan Michael Buble dan Laneige.

Baca Juga :   Polisi Tangkap Oknum Guru SMP di Bandarlampung yang Cabuli Muridnya

“Bahagia itu sederhana. Sesederhana berkumpul bersama yang tersayang sambil menikmati makanan dan minuman favorit. Di sinilah F&B ID hadir dan berkomitmen memberikan kebahagiaan untuk setiap masyarakat Indonesia melalui sajian makanan dan minuman dengan kualitas, layanan, dan inovasi terbaik”, ungkap Devin Widya Krisnadi, Business Director F&B ID.***