14 Mahasiswa Prodi Tari Unila Juarai Lomba Tari Kreasi Islami Lampung Begawi

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — 14 mahasiswa Program Studi Pendidikan Tari Universitas Lampung (Unila) juarai Lomba Tari Kreasi Islami yang diselenggarakan dalam acara Lampung Begawi di Lampung City Mall, pertengahan Mei 2023.

Lampung Begawi merupakan acara tahunan yang diadakan Bank Indonesia (BI) Lampung dengan nama LAGAWI FEST. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan terhadap Presidensi G20 Indonesia dan Gerakan Bangga Wisata Indonesia (GBWI).

Salah satu kompetisi yang diadakan dalam acara tersebut adalah Lomba Tari Kreasi Islami. Konsep tarian dalam lomba ini bukan hanya memperislamkan seni tari, tetapi juga menghadirkan karya seni tari yang berakar dari tradisi Islam.

14 mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Tari Unila berhasil menempati posisi teratas setelah melalui beberapa tahapan seleksi, termasuk presentasi konsep karya, pengumpulan video karya, seleksi tiga besar, dan penentuan juara pada 14 Mei 2023.

Juara pertama diraih Ade Liesna Carin Aliya’19, Nanda Alia Fahsa’19, Rara Ardelia Artanti’19, dan Helda Apriliani’20, yang menampilkan tarian berjudul “Cakak Mekkah”.

Rara menjelaskan, tarian ini terinspirasi salah satu struktur masyarakat Lampung yang disebut “Tungku Tiga Batu” (Benuwo, Begawi, dan Cakak Mekkah). Bagi masyarakat Lampung, terutama mereka yang membina rumah tangga, dapat menjalankan Cecak Mekkah menjadi simbol kesempurnaan, dan inilah yang menjadi inspirasi mereka.

Juara kedua diraih Denta Pramana Putra’19, Ahmad Faisal Akbar’19, Ikhsan Taufiq’19, Sairul Anwar’19, dan Irfan Wahid’19. Mereka menghadirkan karya berjudul “Robbana” yang terinspirasi dari prosesi arak-arakan pesta pernikahan di daerah Pesisir Lampung.

Gerakan dalam tarian ini menggambarkan alat musik pukul bernama Rebana yang berasal dari Timur Tengah dan biasanya diiringi salawat dalam prosesi arak-arakan. Tradisi inilah yang menjadi dasar penciptaan karya “Robbana”.

BACA JUGA :  BPJS Kesehatan Kembali Dirikan Rumah Edukasi Kader JKN di Tanjung Bintang Lampung Selatan

Sementara itu, Nurrohmah’21, Putri Salsabila’21, Yumna Annis Dhiyafaatin’21, Dera Safira’21, dan Bela Rahma Sari’21 meraih juara ketiga.

Tarian yang mereka tampilkan berjudul “Halalun Bihalalin”, yang terinspirasi dari tradisi halalbihalal umat Islam saat perayaan Idulfitri. Gerakan dalam tarian ini mengikuti gerak dasar saling bersalaman yang memiliki makna memaafkan dan saling berbuat kebaikan.

“Dengan mengikuti lomba ini, kami ingin membuktikan bahwa program studi pendidikan tari benar-benar menjadi penggerak utama dalam perkembangan dunia tari di Lampung,” kata Denta.

Dengan keberhasilan mahasiswa Program Studi Pendidikan Tari Unila dalam lomba tari kreasi Islami, mengukuhkan posisinya sebagai penggerak utama dalam perkembangan dunia tari di Lampung. Keberhasilan ini memberikan kesempatan bagi juara 1 untuk mewakili Lampung dalam Festival Syariah se-Sumatra. ***