Polda Lampung Gandeng Unila dan UPTD PPA Gelar Seminar Pencegahan Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Polda Lampung bekerja sama dengan Universitas Lampung (Unila) dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) menggelar seminar dan sosialisasi peraturan pencegahan dan penanganan kekerasan seksual. Kegiatan berlangsung di Aula Fakultas Pertanian (FP) Unila, Rabu, 9 Agustus 2023.

Seminar yang merupakan bagian dari rangkaian acara “Polwan Goes to Campus” ini diadakan dalam rangka memperingati hari jadi ke-75 Polisi Wanita Republik Indonesia tahun 2023. Selain mahasiswa Unila, kegiatan dihadiri perwakilan Tim Pengelola Prestasi Mahasiswa (TP2M) Unila Imam Mahmud, S.Sos., M.Sos., didampingi tim kemahasiswaan.

Dalam seminar ini, tim UPTD PPA yang diwakili Dwi Hafsah Handayani, S.Psi., dan Rini Larassati, S.Pd., M.Pd., menyampaikan materi mengenai pengetahuan tindak pidana kekerasan seksual serta sosialisasi peraturan terkait pencegahan dan penanganan kekerasan seksual. Para peserta, terutama para mahasiswa, antusias mendengar materi yang disampaikan.

Saat membuka kegiatan, AKBP Endang Mustikawati, S.Psi., Psikolog, menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari perayaan hari jadi Polwan sekaligus kegiatan “Polwan Goes to Campus“.

Ia juga menegaskan pentingnya sosialisasi ini kepada mahasiswa sebagai upaya awal kepolisian untuk berpartisipasi aktif dalam pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi.

Seminar ini juga merupakan kelanjutan dari beberapa regulasi terkait kekerasan seksual di perguruan tinggi, seperti Undang-Undang Nomor 12 tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di lingkungan pendidikan tinggi.***

BACA JUGA :  Rektor Unila Dorong Jurnal FEB Terindek Scopus di Bidang Sosial