Kemenkumham Lampung Gelar Upacara dan Rayakan Hari Kemenkumham RI ke-78

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Dalam momentum peringatan HUT ke-78 Hari Kemenkumham tahun 2023. Kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung menggelar upacara bendera dan tasyakuran bertempat di Kanwil Kemenkumham Lampung pada Senin, 21 Agustus 2023.

Helat yang biasanya dilaksanakan setiap tahun pada 19 Agustus, kali ini upacara digelar pada Senin (21/08) di lapangan Kantor Wilayah turut hadir Para Pimti Pratama Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung, Kepala UPT se-Provinsi Lampung, Pejabat Administrasi dan Pejabat Fungsional Tertentu serta Tamu Undangan dari Mitra Kerja dan Forkopimda antara lain Kejaksaan Tinggi, Pemda Provinsi Lampung, Pemda Kota Bandar Lampung, Kepolisian Daerah Provinsi Lampung PT Bank Rakyat Indonesia, PT. Taspen, Universitas Lampung, UBL, Radar Lampung, Lampung Post, dll.

Mengusung tema ‘Semakin Berkualitas Untuk Indonesia Maju’, Peringatan HUT Kemenkumham ke-78 menjadi ajang silaturahmi segenap jajaran Kemenkumham bersama pemerintah daerah dan seluruh stakeholder dalam rangka peningkatan bakti kepada masyarakat untuk mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045.

“Upaya merefleksikan semangat segenap insan pengayoman di seluruh Indonesia dalam memberikan pengabdian terbaik dari waktu ke waktu yang diharapkan juga semakin berkualitas,” ungkap Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Lampung Sorta Delima Lumban Tobing.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung, Dr. Sorta Delima Lumban Tobing membacakan amanat Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly. Dalam amanatnya, Kakanwil menyampaikan makna dari tema “Kementerian Hukum dan HAM Semakin Berkualitas untuk Indonesia Maju” yang diusung tahun ini.

Pada momentum ini, ia menyampaikan apresiasi kepada jajaran pemerintah daerah, instansi vertikal, mitra kerja, dan segenap aparatur sipil negara atas kehadiran, kerjasamanya, dan penghargaan yang diberikan.

Tercatat dalam kurun waktu setahun kebelakang, Kementerian Hukum dan HAM telah berhasil meraih peringkat pertama implementasi norma, stanfar, prosedur, dan kriteria (NSPK) dan kinerja terbaik dalam pengelolaan anggaran, mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian sebanyak 14 kali.

BACA JUGA :  Hadirkan Atraksi Hiburan bagi Pemudik, BHC Gelar Pentas Seni Tari Tradisional dan Musik di Selasar Siger BTN

Selain itu ada pula penghargaan dari Kementerian PAN-RB atas Sinergitas Pengadaan Calon ASN dan Tata Kelola Sekolah Kedinasan yang informatif untuk pertama kalinya, raihan penghargaan sebagai badan public yang informatif, dan penghargaan penerapan layana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atas 26 layanan publik yang dimiliki.
Untuk mempertahankan semua penghargaan tersebut, Sorta mengimbau jangan ada lagi penyalahgunaan tugas dan wewenang, tidak ada perilaku pegawai yang melanggar disiplin kode etik, dan melanggar hukum. Melainkan para Insan Pengayoman harus meningkatkan kemampuan dan kompetensi masing-masing individu dan mempublikasikan serta glorifikasi berbagai capaian dan prestasi instansi guna meraih kepercayaan masyarakat.

Mengakhiri amanat, Kakanwil menyampaikan pesan Menteri Hukum dan HAM kepada seluruh jajaran Kemenkumham. Pesan-pesan tersebut antara lain: mempersiapkan transisi dari pandemi menuju endemi; menyelesaikan tahun anggaran 2023 dengan baik, Kelola keuangan secara tertibm efisien, efektif, dan bertanggung jawab; mempersiapkan lebih baik lagi dalam rangaka Rencana Kerja tahun 2024; tetap cermat dalam bekerja, lakukan pengawasan pengendalian di jajarannya, teruslah saling mengingatkan untuk selalu taat dan patuh pada peraturan perundang-undangan; menjaga netralitas aparatur Kemenkumham demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa khususnya saat memasuki tahun politik dan pelaksanaan Pemilu di tahun 2024.

Dalam upacara kali ini juga ada penyerahan Penghargaan kepada Bupati Lampung Utara atas Pemberian Hibah Tanah dan Fasilitas Penunjang Berjalannya Tusi Kanim Kelas II Non TPI Kotabumi, Penghargaan Kepada OBH Sejahtera Bersama Lampung atas Penyerapan Anggaran Litigasi dan Non Litigasi Terbaik Tahun Anggaran 2022, Penghargaan Kepada Rutan Sukadana atas Kinerja Publikasi Kehumasan terbaik, Penghargaan kepada pegawai pada UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi atas prestasi yang diukirnya dalam menjalankan tugas dan fungsi.

BACA JUGA :  Pelaku Pengeroyokan di Sekampung Udik Serahkan Diri Ke Polres Lampung Timur

Dia menambahkan, pada perayaan HUT ke-78 Kemenkumham RI, Kantor Perwakilan Lampung mendapatkan penghargaan wajar tanpa pengecualian (WTP) sebanyak 14 kali. WTP merupakan penghargaan yang didapat karena memenuhi ketentuan dan peraturan, yang berlaku. Mendapatkan penghargaan WTP ini bukan juga atas hasil penyerapan yang terbaik.

“Jadi, selain peraturan, tentunya WTP didapat karena memberikan laporan tepat waktu,” pungkasnya.

Penghargaan diberikan Kepada:
1. Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara Atas Pemberian Hibah Tanah dan Fasilitas Penunjang Berjalannya Tugas dan Fungsi Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotabumi
2. Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kotabumi
Sebagai Unit Pelaksana Teknis Dengan IKPA Terbaik Semester I Tahun 2023
3. Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Sukadana
Sebagai Unit Pelaksana Teknis dengan Kinerja Publikasi Kehumasan Terbaik
4. Organisasi Bantuan Hukum Sejahtera Bersama Lampung
Atas Penyerapan Anggaran Litigasi dan Non Litigasi Terbaik Tahun Anggaran 2022
5. M. Agung Pratama
Atas Keberhasilannya Dalam Penangkapan Satu Orang Warga Negara China yang Melanggar Undang-Undang Keimigrasian di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotabumi
6. Toni Munandar
Atas Keberhasilannya Dalam Menggagalkan Upaya Penyelundupan dan Peredaran Narkotika Ke Dalam Rumah Tahanan Negara Kelas I Bandar Lampung.
Kegiatan Upacara ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Kakanwil sebagai wujud rasa syukur Hari Kemenkumham RI ke-78, “Kemenkumham Semakin Berkualitas, Untuk Indonesia Maju”.***