Edward Syah Pernong Puji Kinerja Polda Lampung

# Dibaca: 406 pengunjung

KRAKATOA.DI, BANDARLAMPUNG – Kejar Pelaku Kriminal Hingga ke Hulu, Edward Syah Pernong Sebut Polda Lampung Ambil Langkah Taktis yang Cerdas

Sejumlah penindakan yang dilakukan Polda Lampung dan jajarannya selama masa pandemi dinilai sebagai langkah taktis yang cerdas.

Mantan Kapolda Lampung, Brigadir Jenderal (purn) Edward Syah Pernong mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan Polda Lampung dalam beberapa bulan terakhir.

Menurutnya, Polda Lampung tak berhenti membaca pola kriminal dan terus mengupayakan penindakan, bahkan hingga lintas provinsi.

“Ini langkah manuver taktis yang cerdas,” kata Sultan Sekala Brak Kepaksian Pernong tersebut, Rabu (2/3/2022).

Langkah cerdas ini menurut Edward adalah Polda Lampung tidak terpaku hanya menangani pandemi covid-19 saja.

Edward mengungkapkan, kondisi pandemi covid-19 dimanfaatkan pelaku tindak kriminal sebagai celah keamanan.

“Orang kadang sibuk dalam penanggulangan pandemi. Tapi, Polda Lampung sudah membaca pola mereka (pelaku kriminal),” kata Edward.

Beberapa langkah taktis tersebut, menurut Edward adalah dengan mengungkap keberadaan ladang ganja seluas 6,28 hektare di Kabupaten Aceh Utara.

Padahal, pengungkapan kasus ini berawal dari “tangkapan kecil” yakni penyeludupan ganja seberat 5 kilogram pada November 2021 lalu.

“Tapi Polda Lampung terus mengejar hingga ke asalnya, atau di Pelayaran di sebut Pengejaran seketika adalah pengejaran terduga pelaku kriminal yang dilakukan secara langsung dan dapat Hot Pursuit, yaitu memberikan wewenang khusus kepada pengejar yang biasanya tidak dapat dijalankan dalam keadaan yang tidak mendesak pengejaran seketika,” kata Edward.

Sementara itu, Wakil ketua III DPRD Prov Lampung Raden Muhammad Ismail juga mengapresiasi tindakan Kepolisian di jajaran Polda Lampung dalam memberanguskan mata rantai peredaran Narkoba.

Dirinya meyakini bahwa adanya tindak kejahatan jalanan saat ini sangat berkolerasi dengan Narkoba.

Baca Juga :   Dorong Transformasi Ekonomi Digital, OVO Hadirkan Inovasi QRIS dan E-Money di FEKDI 2022 - G20

“Seperti pembegalan, pencurian sepeda motor hingga perampokan yang sempat terjadi menimpa karyawan tempat pengambilan Uang BRI Link di Lampung timur beberapa waktu lalu,” kata Ismail.

Sebab polisi mengidentifikasi dan melakukan penangkapan saat pelaku sedang pesta narkoba.

“Kami para anggota dewan provinsi Lampung mensupport tindakan serta terbentuknya satgas Siger ini, serta berterimakasih kepada Kapolda Lampung yang benar benar konsisten dalam melakukan tugas serta fungsinya secara menyeluruh di tengah Pandemi saat ini,” kata Ismail.

Ismail menambahkan, tindakan kepolisian yang diambil ini sudah sangat tepat untuk menjaga keberlangsungan Kehidupan generasi muda mendatang, yang tangguh, kuat dan memiliki masa depan yang cerah.***