Embung Umbul Niti di Jatimulyo, Jadi Spot Mancing Gratis dan Tempat Wisata Alternatif

KRAKATOA.ID, LAMPUNG SELATAN — Embung Umbul Niti, menjadi pilihan spot mancing favorit dan gratis di Jatimulyo. Bukan hanya itu saja, embung ini juga menawarkan keindahan yang kerap menjadi daya tarik warga sekitar untuk menghilangkan penat.

Para pemancing selain puas menyalurkan hobinya, juga mendapatkan bonus menikmati indahnya pemandangan Embung Umbul Niti yang digenangi air berwarna hijau.

Embung Umbul Niti yang berlokasi tidak jauh dari Pasar Jatimulyo, atau tepatnya di Desa Jatimulyo, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan.

Embung Umbul Niti tak pernah sepi didatangi pemancing.

Ihan Apriadi salah satu pengunjung yang datang untuk memancing mengatakan embung ini sebenarnya diperuntukan untuk penampung kelebihan air pada musim hujan dan digunakan pada saat musim kemarau.

“Di Embung Umbul Niti ini tempat sumber air sawah-sawah daerah sini,” kata Ihan yang merupakan warga Desa Karang Anyar kepada Krakatoa.id, Kamis (17/8/2023).

Menurut Ihan pada hari libur Embung Umbul Niti banyak didatangi para pemancing, tidak hanya warga Jati Agung tapi juga dari luar.

“Ikannya di sini banyak, jadi kalau hari libur banyak yang mancing, jadi untuk mengisi waktu dan menyalurkan hobi,” jelasnya.

Ihan mengatakan banyak jenis ikan yang hidup di Embung Umbul Niti, sehingga pemancing memiliki banyak pilihan.

“Ikannya juga lumayan banyak, ada sepat, betok, nila, patin, belut, seluang, wader. Jadi lumayan lah untuk hobi kita,” pungkasnya.

Boimin pemancing dari Desa Karang Sari saat menunjukan hasil tangkapannya berupa ikan nila dengan ukuran jumbo.

Sementara itu Boimin warga Desa Karang Sari mengaku kerap memancing di Embung Umbul Niti.

“Jenis ikan yang banyak di embung ini, Nila,” kata Boimin yang sedang membereskan alat pancingnya.

Boimin yang memulai memancing sejak pukul 11.00 WIB sudah banyak mendapatkan ikan jenis nila, dua diantaranya berbobot lebih dari 1 kg.

BACA JUGA :  Coca-Cola Europacific Partners Indonesia Ingatkan Pentingnya Pilah Sampah Melalui Aksi Bersih-Bersih Serentak di 10 Kota

“Pakan saya cuma lumut, tapi ya karna mungkin lagi rezeki saya mas hari ini, jadi dapat lumayan banyak. Puas rasanya,” pungkas Boimin riang.

Hamparan sawah yang ditanami padi dan juga sayuran di sekitar Embung Umbul Niti menyegarkan mata.

Tak heran lokasi embung ini juga sering dikunjungi kaum milenial untuk sekedar berfoto dan mempostingnya di media sosial.

Karena dalam, embung ini terlarang untuk anak-anak untuk bermain, mandi atau pun berenang.***