ABC Luncurkan Inovasi Terbaru! “Sarden ABC Siap Goreng Bumbu Serundeng”

– Produk ikan sarden kemasan siap goreng pertama di Indonesia –
– Dukung #GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) untuk generasi yang sehat

KRAKATOA.ID, JAKARTA — Bertepatan dengan momen Hari Gizi Nasional 2023 yang bertemakan Protein Hewani Cegah Stunting, PT Heinz ABC Indonesia (ABC) sebagai bagian dari The Kraft Heinz Company, meluncurkan inovasi terbaru-nya dengan menghadirkan varian baru dari Sarden ABC, yakni Sarden ABC siap goreng bumbu serundeng yang renyah dan bergizi. Varian ini menjadi produk inovasi ikan sarden dalam kemasan siap goreng (ready-to-fry) pertama di Indonesia! Diproduksi tanpa pengawet, pewarna dan pemanis sintetis, lengkap dengan gizi dari ikan sarden segar, diantaranya kandungan protein, vitamin D, B3, B12, mineral Kalsium dan Fosfor, serta asam lemak DHA, Omega 3 dan 6. Sarden ABC siap goreng bumbu serundeng ini menghadirkan variasi cara baru memasak sarden bari para pecinta ikan sarden bagi para pecinta ikan sarden di tanah air, sekaligus mendukung gerakan #GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) yang digalakkan pemerintah untuk pemenuhan gizi memerangi ancaman generasi stunting di Indonesia.

Dalam sambutannya, Steven Debrabandere, Managing Director Kraft Heinz Indonesia & Papua Nugini, mengatakan: “Sarden ABC telah hadir di Indonesia lebih dari 30 tahun dan kami terus berinovasi agar tetap relevan dengan kebutuhan konsumen kami. Hal ini sejalan dengan nilai Perusahaan untuk selalu menempatkan konsumen yang terdepan “Consumer Obsessed”. Tidak hanya itu, melalui produk Sarden ABC, kami juga senantiasa berperan aktif, bersama-sama dengan semua pihak, mendorong pemenuhan gizi masyarakat yang lebih baik melalui gerakan makan ikan. Kami berharap, kehadiran varian Sarden ABC terbaru ini akan semakin meningkatkan kegemaran masyarakat terhadap produk ikan olahan di Indonesia dan turut membantu menghadirkan generasi muda yang kuat dan sehat. Selamat menikmati Sarden ABC bumbu serundeng yang baru! Selamat Hari Gizi Nasional 2023!”

BACA JUGA :  Unila Gelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah Berkelanjutan

Diana Riaya Kusumaningrum, Marketing Manager Easy Meals Kraft Heinz Indonesia, menjelaskan: “Sarden ABC siap goreng bumbu serundeng akan menjadi varian terbaru dari keluarga besar Sarden ABC, yang saat ini terdiri dari Sarden ABC Tomat, Sarden ABC Cabai dan Sarden ABC Extra Pedas. Kini para konsumen pecinta Sarden ABC dapat merasakan kenikmatan sensasi yang berbeda, yakni dengan tekstur ikan Sarden yang lebih renyah, lengkap dengan tambahan serundeng yang gurih dari bahan-bahan segar. Cara penyajiannya-pun menjadi cara baru memasak sarden, tidak perlu menambahkan bumbu lain untuk mengurangi rasa amis dari karakter ikan sarden. Cukup dengan 3 langkah mudah: BUKA, SARING, GORENG, maka Sarden ABC bumbu serundeng siap dinikmati bersama teman dan keluarga tercinta.”

Gerakan makan ikan untuk pemenuhan gizi sejak dini

Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki sumber ikan yang beragam. Namun faktanya, Angka Konsumsi Ikan (AKI) nasional masih menunjukkan tantangan yang nyata. Untuk itu, angka AKI nasional ditargetkan meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, target AKI Nasional 2022 adalah 59,53 kg/kapita/tahun dan ditargetkan meningkat menjadi 62,5 kg/kapita/tahun pada 2024. Selaras dengan hal ini, pemerintah terus menggelorakan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan untuk membangun kesadaran gizi masyarakat dengan meningkatkan konsumsi ikan.

Prof. Dr. Hardinsyah, M.S., Guru Besar Ilmu Gizi IPB University dan Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia memaparkan: “Ikan, termasuk ikan sarden, sebagai salah satu pangan bergizi, mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan dan kecerdasan serta pemenuhan kebutuhan gizi. Sarden merupakan sumber protein yang juga mengandung kebaikan vitamin D yang berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan pembentukan tulang. Selain itu juga mengandung vitamin B3, B12 mineral Kalsium dan Fosfor, serta asam lemak DHA, Omega 3 dan 6. Vitamin B12 turut berperan dalam pembentukan sel darah merah untuk mencegah anemia.”

BACA JUGA :  Mengenal Lebih Dekat Aturan Produk Pangan Olahan di Indonesia, ABC Gelar “Ngobrol Baik Bareng ABC” Bersama Media dan Pakar

“Berbagai penelitian membuktikan konsumsi ikan yang cukup pada ibu hamil berpengaruh pada pencegahan stunting hingga berdampak positif pada pertumbuhan dan perkembangan saraf otak janin dan anak. Selain itu, kebiasaan konsumsi ikan yang cukup setiap hari turut mencegah penyakit jantung koroner, yang kejadiannya selama dekade terakhir meningkat di Indonesia. Oleh karena itu, penting bagi seluruh elemen masyarakat dalam mendukung edukasi dan kampanye makan ikan sehingga terjadi peningkatan makan ikan yang berdampak pada kualitas gizi masyarakat yang lebih baik,” tambah Prof. Hardinsyah.

Diana menambahkan, “Sejalan dengan semangat Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan, Sarden ABC akan terus berinovasi dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya makan ikan bagi pemenuhan gizi yang lebih baik. Melalui Sarden ABC Siap Goreng Bumbu Serundeng, kami berkomitmen pada kualitas mulai dari pemilihan ikan terbaik hingga proses pengolahan pengemasan sehingga gizi ikan tetap terjaga baik”.

Sarden ABC Bumbu Serundeng Siap Goreng kini hadir untuk masyarakat dan dapat ditemukan di toko atau minimarket terdekat. ABC Sarden Bumbu Serundeng Siap Goreng tersedia dalam dua kemasan kaleng, berukuran 155 gram dan 400 gram.***