Wanita Katolik RI DPC Tanjungkarang Gelar Konfercab Ke-VI, Nani Patriana Prabandari Kembali Terpilih Ketua Periode 2022-2025

# Dibaca: 269 pengunjung

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Wanita Katolik Republik Indonesia (RI) Dewan Pengurus Cabang (DPC) Tanjungkarang mengadakan Konferensi Cabang (Konfercab) Ke-VI di Aula SMA Xaverius Bandarlampung, Minggu (18/9/2022).

Konfercab Ke-VI ini mengambil tema “Wanita Katolik RI DPC Tanjungkarang Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Tata Kelola Organisasi Menuju Kesejahteraan Masyarakat”.

Dalam Konfercab Ke-VI ini, Nani Patriana Prabandari terpilih kembali sebagai Ketua Wanita Katolik RI Dewan Pengurus Cabang Tanjungkarang.

Mengantongi 26 suara, Nani Patriana Prabandari mengungguli empat kandidat ketua yang lain, diantaranya: Anastasia Sriyati (11 suara), Klara Alexandra Yuliana (8 suara), Rugun Pasaribu Sirait (3 suara), E Suparmi (3 suara), dan Maria Endang Dwi Astliti (3 suara).

Pada sambutannya, Nani Patriana Prabandari menyampaikan rasa terima kasinya atas kepercayaan seluruh anggota Wanita Katolik RI Dewan Pengurus Cabang Tanjungkarang.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Saya minta dukungan kepada ibu-ibu semua untuk membatu saya dalam karya pelayanan pada masa bakti tiga tahun ke depan,” kata Nani Patriana Prabandari.

Ketua terpilih Wanita Katolik RI DPC Tanjungkarang Nani Patriana Prabandari bersama Ketua Presidium DPD Wanita Katolik RI Provinsi Lampung Ellysabeth Sri Puryanti.

Nani Patriana Prabandari berjanji akan semakin meningkatkan kualitas organisasi dan memupuk pribadi yang berkarakter demi peningkatan karya pelayanan organisasi baik di dalam dan di luar altar.

Pada kesempatan itu, Nani Patriana Prabandari menjabarkan program-program kerja yang telah dilaksanakan pada kepengurusan Wanita Katolik RI DPC Tanjungkarang periode tahun 2018-2022.

“Diantaranya pelayanan kepada sesama yang berkekurangan atau tertimpa bencana. Kemudian bekerjasama dengan pemerintah dalam upaya perbaikan kesehatan balita dan bumil di Posyandu, dan peningkatan kualitas anak-anak di PAUD,” papar Ketua Wanita Katolik RI DPC Tanjungkarang.

Selain itu lanjut Nani Patriana Prabandari, mengambil bagian dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup dan merawat bumi dengan aplikasi eco-enzim, pembersihan pantai, dan penanaman mangrove.

“Wanita Katolik RI DPC Tanjungkarang ikut peduli dalam masa pandemi covid-19 dengan membuka warung kasih dan memberikan makanan gratis untuk masyarakat berupa nasi bungkus sebanyak 4.680 kotak, hand sanitizer, APD, sepatu boot dan masker,” pungkasnya.

Baca Juga :   Wanita Katolik RI DPD Lampung Gelar Pembekalan Pengurus
Peneguhan Ketua terpilih DPC Wanita Katolik RI DPC Tanjungkarang Nani Patriana Prabandari oleh Pastur Penasehat Rohani, RD. YB. Sujanto, VI di Aula SMA Xaverius Bandarlampung, Minggu (18/9/2022).

Sementara itu, Ketua Presidium DPD Wanita Katolik RI Provinsi Lampung Ellysabeth Sri Puryanti menyampaikan selamatnya atas terpilihya kembai Nani Patriana Prabandari sebagai Ketua Wanita Katolik RI DPC Tanjungkarang.

“Selamat untuk ibu Nani Patriana Prabandari. Kepada seluruh anggota saya berpesan, siapa pun yang nantinya akan digandeng sebagai pengurus, siap untuk mendukung ibu Nani dan ibu Anastasia Sriyati,” kata Ketua Presidium DPD Wanita Katolik RI Provinsi.

Ellysabeth Sri Puryanti berpesan pada ketua terpilih untuk memasukan para kandidat ketua untuk dimasukan dalam struktur kepengurusan.

“Kepada para kandidat yang belum terpilih, pesan kami beliau-beliau mohon ditempakan untuk menjadi pengurus Wanita Katolik RI DPC Tanjungkarang,” katanya.

Presidium DPD Wanita Katolik RI Provinsi Lampung ini mendesak ketua terpilih untuk segera menyusun susunan pengurus masa bakti 2022-2025.

“Langkah yang selanjutnya, menyusun program intern Wanita Katolik RI DPC Tanjungkarang. Dan terakhir adalah menyelesaikan laporan penyelenggarakan Konvercab VI ini yang segera dilaporkan kepada Wanita Katolik RI DPD Provinsi Lampung,” pungkas Ellysabeth Sri Puryanti.

Para peserta Gelar Konfercab Ke-VI Wanita Katolik RI DPC Tanjungkarang di Aula SMA Xaverius Bandarlampung, Minggu (18/9/2022).

Pada tempat yang sama, F. Joko Winarno mewakili pengurus Dewan Pastoral Gereja Kristus Raja Tanjungkarang menegaskan dukungannya kepada gerak langkah Wanita Katolik RI DPC Tanjungkarang.

“DPH gereja sepenuhnya mendukung semua kegiatan Wanita Katolik RI, yang kami tahu Wanita Katolik RI cabang Tanjungkarang sebagai organisasi kemasyarakatan telah berperan aktif melalui berbagai kegiatan karya karitatif, pewartaan kabar baik dan sukacita kepada sesama yang merupakan implementasi dari dari lima tugas gereja: liturgi, koinonia, kerygma, marytria, dan diakononia,” tandas F. Joko Winarno.

Menurut F. Joko Winarno, Wanita Katolik RI yang pasti anggotanya berasal dari ibu-ibu gereja tentulah mempunyai peran strategis terutama melalui keluarga.

Baca Juga :   Pubex LIVE 2022, Jasa Marga Paparkan Peningkatan Kinerja Tahun 2022

“Maka melalui ibu-ibu yang tergabung dalam Wanita Katolik RI, DPH juga berharap banyak agar Wanita Katolik RI mampu membuat semua anggota keluarga menampilkan kekhasan iman Katolik dan meletakkan fondasi yang kuat dan kokoh dalam iman dan moral,” jelasnya.

Di samping itu melalui landasan cinta ksaih, kesabaran, dan kerendahan hati, lanjut F. Joko Winarno Wanita Katolik RI harus mampu menjalin relasi yang baik dengan saudara-saudara kita dari berbagai latar belakang termasuk yang berbeda agama.

“Relasi yang baik dengan saudara-saudara kita yang berbeda latar belakang pastilah akan memberikan dampak positif dalam kehidupan kita sebagai anggota masyarakat,” pungkasnya.

Para peserta Gelar Konfercab Ke-VI Wanita Katolik RI DPC Tanjungkarang di Aula SMA Xaverius Bandarlampung, Minggu (18/9/2022).

Di tempat yang sama Ketua Panitia Pelaksanaan Konfercab VI, Cicilia Trianingsih Carlost menyatakan bahwa konfercab adalah salah satu forum musyawarah Wanita Katolik RI seperti yang diamanatkan dalam Anggaran Dasar Tahun 2018 Bab V pasal 15.

“Konfercab VI diselenggarakan oleh Dewan Pengurus Cabang dibantu pengurus ranting yang ditunjuk,” kata Cicilia Trianingsih Carlost.

Dijelaskan Cicilia Trianingsih Carlost, peserta Konfercab VI terdiri dari utusan ranting, dihadiri 9 ranting dari 13 ranting yang ada di Tanjungkarang dengan jumlah peserta dan panitia sebanyak 75 orang.

“Konfercab VI yang semula direncanakan pelaksanaannya tanggal 29 Juli 2021 tidak dapat dilaksanakan karena masa pandemi covid 19 belum berakhir,” jelas Cicilia Trianingsih Carlost.

Dikatakan Cicilia Trianingsih Carlost, DPC Tanjungkarang mendapat perpanjangan kepengurusan 1 tahun 2 bulan hingga pada 18 September 2022 bisa dilaksanakan Konfercab VI.

“Saya berharap Konfercab VI ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses, berhasil membentuk kepengurusan dan menyusun program organisasi yang lebih baik, dan mampu menjalin kerjasama yang sinergis dengan lembaga pemerintah dan organisasi mitra, yang pada gilirannya akan makin membawa manfaat bagi gereja dan negara,” pungkasnya.

Baca Juga :   Dengan Pesawat, Satgas Damai Cartenz Kirim Bantuan Bibit Babi ke Warga Yahukimo
Penyerahan piagam penghargaan kepada pimpinan demisioner Wanita Katolik RI DPC Tanjungkarang.

Sebagai informasi, pada acara pembukaan Konfercab VI DPC Tanjungkarang hadir para tamu undangan diataranya: Ketua Yayasan Xaverius Tanjungkarang, RD. Andreas Sutrisno, Plt. Camat Kecamatan Enggal Rina Nurwati, Lurah dan Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Langkapura, Gunung Sari, Pasir Gingung dan Sawah Brebes.

Hadir juga, perwakilan dari Fatayah NU, Wanita Kristen, Hindu, IKAPI. Dari organisasi masyarakat katolik yang hadir, VOX Point Indonesia Kota Bandarlampung dan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Bandarlampung.***