FK Unila Gelar Kuliah Umum: Interprofessional Collaboration in Health Care

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K)., Ph.D., menjadi pembicara kunci pada kuliah umum yang digelar di gedung D Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Lampung (Unila), Minggu, 15 Oktober 2023.

Kegiatan yang mengusung tema “Interprofessional Collaboration” ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dies natalis FK Unila tahun 2023. Hadir langsung membuka acara, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan TIK Dr. Ayi Ahadiat, S.E., M.B.A., didampingi dekan FK dan jajaran.

Ayi Ahadiat dalam sambutannya mengungkapkan, topik Interprofessional Collaboration hari ini menjadi sangat penting dalam dunia kesehatan.

Interprofessional collaboration merupakan dua atau lebih profesi tenaga kesehatan bekerja sama sebagai tim yang memiliki kesamaan tujuan, komitmen, dan saling menghormati antara satu profesi dan profesi lainnya.

Ia meyakini, dari kegiatan ini dapat muncul gagasan baik untuk membangun semangat kolaborasi dan sinergi dalam upaya memberikan layanan kesehatan yang terbaik kepada keluarga, pasien, maupun komunitas.

Selanjutnya pada kesempatan itu, Ayi menerangkan, saat ini Universitas Lampung sedang berupaya melakukan berbagai riset dan benchmark guna membangun rumah sakit pendidikan yang menerapkan konsep terbaik.

Salah satu harapan Unila sebagai rumah sakit rujukan pendidikan adalah menjadi model bagi rumah sakit lain dalam memberikan layanan kesehatan berkualitas, khususnya di Provinsi Lampung.

Untuk itu, Ayi berharap semangat interprofessional collaboration dapat tertanam lebih awal di RSPTN, sehingga dapat meningkatkan kerja sama antara tenaga kesehatan dari berbagai disiplin ilmu, sekaligus layanan masyarakat dalam bidang kesehatan, khususnya di Provinsi Lampung.

“Kami sangat bangga hari ini mahasiswa dapat menerima wawasan dan pengetahuan baru berkenaan dengan topik yang semakin penting kita rasakan urgensinya,” ujarnya.

BACA JUGA :  Pemanfaatan Seng Bekas untuk Perkakas Rumah Tangga Berlukis Kain Nusantara

Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K)., Ph.D., dalam kuliah umum menjelaskan urgensi dari interprofessional collaboration and quality of health care, yaitu mengupayakan agar lulusan perguruan tinggi mampu menguasai kompetensi kolaborasi antarprofesi yang akan memudahkan mereka bersinergi dalam dunia pekerjaan, khususnya dunia kesehatan.

Interprofessional collaboration merupakan komitmen bersama dari berbagai profesi, terutama di bidang pelayanan kesehatan, untuk bekerja secara terintegrasi dengan tujuan yang sama atau share goals. Metode ini dapat membantu menyelesaikan banyak kasus-kasus di berbagai spesifikasi keahlian.

Dalam konteks perawatan tertentu, interprofessional collaboration menuntut adanya komitmen dan sikap yang harmonis antara petugas layanan kesehatan, pasien, keluarga, komunitas, dan populasi, agar dapat meningkatkan hasil kesehatan yang optimal.

Pada kegiatan itu, turut hadir rombongan pendamping Rektor UGM, antara lain Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Alumni UGM, Dekan FEB, Dekan FKG, jajaran wakil dekan di lingkungan kampus UGM, Direktur Kemitraan dan Relasi Global UGM, serta jajaran Sekretariat UGM.***