Direktorat PSKBS Kemensos RI Saluran Bantuan Kepada Forum Kearifan Lokal Citra di Desa Merak Batin Lampung Selatan

KRAKATOA.ID, LAMPUNG SELATAN — Direktorat Perlindangan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) menyalurkan bantuan kepada Forum Kearifan Lokal (Fiflok) Citra di Dusun Citerep, Desa Merak Batin, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (30/12/2023).

Bantuan yang diberikan sebesar Rp50 juta dialokasikan untuk pembelian satu set peralatan kesenian, seragam dan warung ekonomi kreatif yang dijalankan oleh anggota Fiflok Citra.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Hasran Hadi selaku Pendamping Program Kearifan Lokal kepada Ketua Fiflok Citra, Munthoha yang disaksikan aparatur Desa Merak Batin di Dusun Citerep, Sabtu (30/12/2023).

Hasran Hadi selaku Pendamping Program Kearifan Lokal.

“Saya Hasran Hadi selaku Pendamping Program Kearifan Lokal, saya mewakili rekan-rekan Forum Kearifan Lokal Citra serta seluruh perangkat desa mengucapkan terima kasih kepada Ibu Menteri Sosial Republik Indonesia, kepada Dit PSKBS terutama kepada Ibu Iwi bersama tim, kepada Gubernur Lampung, Dinas Sosial Provinsi Lampung, dan Dinas Sosial Kabupaten Lampung Selatan serta perangkat desa terutama kepada pengurus Forum Kearifan Lokal Citra. Alhamdulilah Program Kearifan Lokal ini bisa berjalan dengan lancar dan bisa kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya,” kata Hasran Hadi kepada Krakatoa.id di lokasi penyerahan bantuan.

Menurutnya dengan bantuan yang telah disalurkan ini dapat menopang kelestarian budaya setempat serta menggairahkan pemuda dan remaja untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif dan terhindar dari paham radikalisme.

“Adapun tujuan dari adanya program kearifan lokal ini untuk mengangkat budaya daerah setempat yang terutama di tempat kami ini di Dusun Citerep, Desa Merak Batin, Kecamatan Natar, Lampung Selatan berupa kesenian daerah, berupa pencak silat TTKKDH (Tari Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir).”

“Dan alhamdulilah dengan berjalannya kegiatan ini mudah-mudahan adik-adik kami pemuda, remaja, dan adik-adik kami yang masih kecil bisa terhindar dari yang namanya radikalisme, kenakalan remaja dan sebagainya. Karena terus terang di wilayah kami Lampung Selatan, Kecamatan Natar pernah terjadi masuknya terorisme dan radikalisme. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih dan mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat untuk kami semua,” pungkas Harsan.

BACA JUGA :  Trump Disebut Berpotensi Menangkan Pemilu 2024, Berikut Alasannya
Ketua Forum Kearifan Lokal Citra, Munthoha.

Sementara itu Ketua Forum Kearifan Lokal Citra, Munthoha menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Direktorat PSKBS Kemensos RI.

“Tabik Pun. Saya Munthoha selaku Ketua Forum Kearifan Lokal Citra mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Menteri Sosial atas terealisasinya bantuan program kearifan lokal ini, mudah-mudahan kami dapat mempergunakan sebagaimana mestinya, terima kasih,” kata dia.

Ketua Fiflok Citra, Munthoha bersama pengelola Warung Ekonomi Kreatif Dusun Citerep, Lasno.

Munthoha menjelaskan rincian alokasi bantuan yang diberikan dari Direktorat PSKBS Kemensos RI kepada Forum Kearifan Lokal Citra.

“Sebagaian sudah kami alokasikan untuk pembelian satu set peralatan kesenian TTKKDH, kemudian kami alokasikan untuk pembelian seragam seluruh anggota Tim TTKKDH dan anak didik kami, dan selanjutnya sebagian pula kami arahkan untuk kegiatan ekonomi kreatif yang berada di warung bapak Lasno ini, mudah-mudahan dengan adanya kegiatan perekonomian kreatif atau warung kreatif bisa untuk kami untuk pembinaan keberlangsungan kegiatan kami untuk selanjutnya,” kata dia.

Dengan bantuan yang diterima lanjut Ketua Fiflok Citra ini dia berharap dapat meningkatkan kegiatan kesenian bela diri di desanya dan generasi muda terhindar dari bahaya paham radikalisme.

“Adapun kegiatan TTKKDH ini kami selaku orang tua pembina yang bertujuan untuk memberikan pemahaman-pemahaman yang positif kepada generasi muda yang terntunya ini bisa menangkal kegiatan-kegiatan negatif dari para remaja, kemudian untuk menangkal pula paham-paham radikalisme yang tentunya akan bisa menghawatirkan Bangsa dan Negara NKRI kita,” pungkas Munthoha.

Kepala Dusun Citerep Herman Efendi.

Pada tempat yang sama Kepala Dusun Citerep Herman Efendi mewakili Kepala Desa Merak Batin Aldin, menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Direktorat PSKBS Kemensos RI.

“Saya Herman Efendi selaku Kepala Dusun Citerep, Desa Merak Batin, Kecamatan Natar mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya atas bantuan dari Kementerian Sosial yang sudah memberikan dukungan, bantuan untuk terselenggaranya acara kegiatan TTKDH yang ada di dusun kami, hingga bisa membuat kegiatan ini berjalan secara baik, membantu untuk kegiatan anak-anak, untuk kegiatan yang positif. Sekali lagi kami selaku aparatur Dusun Citerep mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya,” tutup Kepala Dusun Citerep.***

BACA JUGA :  Rektor Unila Terima Audiensi Aktivis Perempuan Lampung