Atlet Sambo, Persembahkan Empat Medali Emas, Satu Perak dan Satu Perunggu untuk Lampung Barat

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG – Empat medali emas pertama untuk Kabupaten Lampung Barat, pada event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IX di Bandarlampung dipersembahkan oleh atlet Persatuan Sambo Indonesia (Persambi).

Ketua Persambi Lampung Barat Indrayani mengungkapkan, Porprov tahun ini merupakan tahun pertama keikutsertaan Persambi. Meski demikian, atlet besutannya mampu menorehkan prestasi gemilang dengan persembahan medali emas.

Dijelaskan, empat atlet Sambo Lampung Barat yang yang bertanding dengan sengit dan mampu menyabet medali emas yakni, Ivan Bona Ventura menang ata M. Fikri dari apesawaran, combat 64.

Kedua, Multi Alvin Putra menang atas Purwanto dari Pesawaran, combat 71. Serta emas ketiga diraih oleh Borly Arisandi setelah mengalahkan Fadila dari Bandarlampung, combat 78, selanjutnya pada partai tambahan Combet Kelas Bebas atas nama Multi Alvin Putra mendapatkan juga berhasil meraih medali emas.

“Tidak hanya empat medali emas, atlet Lampung Barat juga berhasil meraih medali perak atas nama Hanny Stefhan (Sport 98 Kg) dan medali perunggu atas nama Dedi Irawan (sport 58 kg),” ungkap Indrayani.

Keberhasilan Persambi meraih tiga medali emas, satu perak dan satu perunggu tersebut mendapatkan apresiasi tersendiri dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung Barat.

Ketua Umum KONI Lampung Barat Parosil Mabsus mengungkapkan rasa bangganya terhadap Cabor Persambi yang telah menorehkan prestasi gemilang pada laga perdana di ajang Porprov IX tersebut.

“Terimakasih untuk para Atlit Sambo atas Persembahan 4 Medali Emasnya untuk Kontingen Lampung Barat plus medali 1 Perak dan 1 Perunggunya , ” ucap Parosil Mabsus, Sabtu malam (3/12/2022).

Demikian juga disampaikan Ketua Harian KONI Lampung Barat Bambang Kusmanto. Ia menyampaikan apresiasinya atas perolehan medali Cabor Persambi.

“Ini menjadi awal yang baik, semoga apa yang kita cita-citakan yakni minimal juara II pada Porprov tahun ini bisa tercapai,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Sepakat Jaga Situasi Kamtibmas, Kapolres Gelar Pertemuan Dengan FKUB dan Tokoh Agama Lampung Timur

Untuk diketahui, olahraga Sambo merupakan jenis beladiri yang berasal dari Rusia, di negara tersebut Sambo populer pada tahun 1940-an. Sambo adalah singkatan dari Samozashchita Bez Oruzhia yang artinya pertahanan diri tanpa senjata. 

Olahraga ini kian terkenal karena terbukti efektif untuk mempertahankan diri. Bahkan saat ini Sambo menjadi seni beladiri untuk militer Rusia.

Olahraga Sambo ternyata merupakan jenis bela diri yang eksis di Indonesia. Pada perhelatan Asian Games 2018, Sambo sudah masuk dalam daftar cabang olahraga yang dipertandingkan.***

Komentar