ABC Luncurkan Gerakan #ABCDapurBersamaIbu; Perluas Kehangatan Cinta Ibu di Bulan Ramadhan

– Bergerak bersama 133 dapur komunitas beserta lebih dari 800 ibu dan relawan
– Bagikan 125.000 masakan ibu kepada mereka yang membutuhkan di 27 kota di 12 provinsi

KRAKATOA.ID. JAKARTA — Melanjutkan sejarah panjangnya merayakan Bulan Suci Ramadan bersama masyarakat Indonesia, PT Heinz ABC Indonesia (“ABC”) kembali menghadirkan program kemanusiaan Ramadan-nya yang ikonik. Pada tahun ini, ABC berkolaborasi dengan Foodbank of Indonesia (FOI) meluncurkan sebuah gerakan kemanusiaan berbasis komunitas yang dinamakan #ABCDapurBersamaIbu. Gerakan #ABCDapurBersamaIbu membawa misi untuk merayakan serta memperluas kehangatan cinta ibu bagi sesama, terutama cinta yang ditunjukkan melalui masakan spesial dari ibu, yang khusus disiapkan untuk menjangkau berbagai kelompok masyarakat rentan di sekitar kita.

Dalam pelaksanaannya, #ABCDapurBersamaIbu akan melibatkan 133 dapur komunitas ibu (mom’s community kitchen) beserta dengan lebih dari 800 anggota komunitas ibu dan relawan pendukung, yang akan menyiapkan dan membagikan 125.000 paket makanan Sahur dan buka puasa melalui 125 titik pendistribusian di 27 kota yang tersebar di 12 provinsi di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan hingga Sulawesi.

Mira Buanawati, General Counsel, Head of Corporate & Regulatory Affairs Kraft Heinz Indonesia & Papua New Guinea, mengatakan: “Sebagai bagian dari tujuan global perusahaan “Let’s Make Life Delicious”, kami tidak hanya berkomitmen untuk menghadirkan kelezatan masakan melalui produk-produk terbaik, tapi juga terus menginspirasikan nilai kebaikan untuk kehidupan sehari-hari. ABC telah hadir selama lebih dari 47 tahun menemani keluarga Indonesia dan di setiap hangatnya momen Ramadhan, kami senantiasa menghadirkan berbagai program yang mengusung nilai kebaikan dan kebersamaan. Kami berharap Gerakan #ABCDapurBersamaIbu tahun ini dapat semakin mengingatkan kita akan kekuatan nilai kebaikan seorang ibu dan bersama-sama meneruskan kebaikan yang sama untuk dampak yang lebih besar.”

BACA JUGA :  Gelar Wayang Kulit, Kapolri: Perkuat Sinergitas TNI-Polri dan Semakin Dekat dengan Masyarakat

“Gerakan #ABCDapurBersamaIbu terinspirasi dari nilai kehangatan cinta ibu. Di momen Ramadhan, peran ibu dalam menyiapkan berbagai hidangan terbaik, dari mulai makan Sahur hingga berbuka puasa bagi keluarga merupakan sebuah bentuk cinta yang nyata. Bahkan, kebesaran cinta ibu ini juga tergambar nyata lewat hadirnya berbagai dapur komunitas relawan ibu di sekitar kita, dimana mereka tidak pernah lelah untuk memberikan waktu dan tenaganya bagi sesama. Melalui Gerakan #ABCDapurBersamaIbu, kami ingin meneruskan inspirasi nilai cinta yang sama menjadi sebuah gerakan kemanusiaan yang lebih luas,” jelas Diana Riaya Kusumaningrum, Marketing Manager Easy Meals Kraft Heinz Indonesia.

Gerakan #ABCDapurBersamaIbu hadir sebagai sebuah kolaborasi antara ABC, Food Bank of Indonesia (FOI), bersama dengan Alfamart sebagai mitra strategis yang akan membantu mengkoordinir pelaksanaannya, mulai dari pemilihan mitra dapur komunitas ibu, menggerakan para relawan, pengaturan proses penyiapan serta distribusi makanan, hingga proses monitoring dan evaluasi. Selama periode 23 Maret hingga 19 April 2023, Gerakan #ABCDapurBersamaIbu akan melibatkan lebih dari 800 relawan ibu dan lainnya melalui 133 dapur komunitas, termasuk di dalamnya 35 warteg, dimana setiap harinya mereka akan menyiapkan masakan Sahur dan buka puasa untuk dibagikan kepada kelompok masyarakat rentan, diantaranya: kaum papa, lansia, hingga keluarga pemulung. Pendistribusian makanan akan dilakukan secara terjadwal menggunakan 6 unit mobil pangan (food-van) di lebih dari 125 titik distribusi di 27 kota yang tersebar di 12 provinsi di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan hingga Sulawesi.

M. Hendro Utomo, pendiri Foodbank of Indonesia (FOI), menjelaskan: “Sebagai jaringan bank pangan di Indonesia, FOI memiliki misi “Mendorong Kemakmuran dan Memerangi Kelaparan”. Kami senang bekerjasama dalam gerakan #ABCDapurBersamaIbu, yang juga mengusung misi yang sama. FOI percaya bahwa ibu memiliki peran penting dalam menentukan pilihan makanan yang terbaik bagi anak-anak dan keluarga. Lewat gerakan kolaboratif ini, bersama-sama kita tidak hanya memberikan bantuan pangan kepada mereka yang membutuhkan, namun juga ikut membantu asupan nutrisi yang lebih baik untuk mendukung produktivitas. Kita semua dapat ikut berperan aktif dan membawa dampak positif bagi sesama kita yang membutuhkan,” jelas Hendro.

BACA JUGA :  Prof. Lusmeilia Terpilih sebagai Rektor Unila Periode 2023 – 2027

Kehangatan cinta seorang Ibu tidak hanya disalurkan dalam keluarga melainkan juga di dalam suatu komunitas. Hal ini dijelaskan lebih lanjut oleh Psikolog Anak dan Keluarga, Ayank Irma yang mengungkapkan, “Seorang Ibu tidak pernah lelah untuk memberikan pikiran, waktu dan tenaganya bagi keluarga dan lingkungan sosial yang lebih luas. Hal ini dapat dilihat lewat hadirnya perkumpulan atau komunitas ibu-ibu yang menjadikannya sebagai pendorong atau powerful driver untuk bersama-sama berbagi kebaikan sehingga nilai tersebut dapat tersalurkan ke lingkup yang lebih luas dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Untuk itu, hadirnya gerakan #ABCDapurBersamaIbu dapat menjadi sarana untuk berbagi kehangatan dan kasih sayang Ibu bagi mereka yang membutuhkan.”

Gerakan #ABCDapurBersamaIbu juga didukung oleh beberapa mitra ABC lainnya, diantaranya Alfamart, Alfagift, Tokopedia, dan Grab, dimana setiap pembelian produk ABC di Alfamart, Alfagift, Tokopedia dan GrabMart selama periode program akan dikonversikan sebesar Rp 1.000* sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan ini. Selain itu, Aqua juga memberikan dukungan-nya melalui penyediaan donasi air mineral dalam kemasan yang akan disertakan di dalam paket donasi makanan dan Aladin memberikan dukungan finansial. “Kami berterima kasih kepada semua mitra untuk dukungan yang diberikan. Kami percaya, dengan kolaborasi yang kuat, kita dapat menyebarkan lebih banyak inspirasi positif untuk menghadirkan momen Ramadan yang tak terlupakan, bagi kita sendiri dan mereka yang membutuhkan,” tambah Mira Buanawati.

Gerakan #ABCDapurBersamaIbu juga akan digaungkan melalui berbagai media, termasuk website, media sosial, komunikasi di dalam toko-toko Alfamart dan aplikasi Tokopedia serta Grab. Masyarakat dapat ikut mendukung gerakan ini melalui beberapa cara; 1) Membeli produk ABC yang dijual di toko-toko mitra gerakan #ABCDapurBersamaIbu; 2) Mengunggah foto yang menginspirasikan nilai kebaikan Ramadhan dengan menggunakan filter khusus ABC Dapur Bersama Ibu ke Instagram Feed & Story, dengan menyertakan @segarnyasirupabc & @sardenabc; 3) Terlibat langsung bersama relawan FOI dalam proses pendistribusian di lapangan dengan mendaftarkan diri melalui website yang telah disiapkan. Dapatkan informasi selengkapnya di website www.heinzabc.co.id/ramadan. Ayo bergabung sekarang juga! Mari bersama-sama kita mengambil peran dalam gerakan kebaikan di bulan yang penuh berkah ini!***

BACA JUGA :  ABC Luncurkan Inovasi Terbaru! “Sarden ABC Siap Goreng Bumbu Serundeng”