Rektor Unila Apresiasi Visitasi Akreditasi Internasional ASIIN

KRAKTOA.ID, BANDARLAMPUNG — Tim akreditasi internasional Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik (ASIIN) melakukan on-site visit (kunjungan) ke Universitas Lampung (Unila) pada Rabu, 5 Juli 2023. Kunjungan bertujuan untuk melakukan akreditasi terhadap Prodi S-1 Matematika dan Fisika, FMIPA Unila.

Tim ASIIN disambut langsung Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., bersama dengan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan TIK, Ketua LP3M, dan Dekan FMIPA Unila, di ruang sidang utama lantai dua rektorat.

Tim ASIIN terdiri dari Prof. Dr. Mathias Getzlaff dari Heineich-Heini University Düsseldorf, Prof. Dr. Christof Sxhelthoff dari University of Applied Sciencea Aachen, Dr. Harmtir Presting dari Dainler AG, Dr. Dosi Devianto dari Andalas University, Felix Cahyadi dari Institut Teknologi Bandung, serta Dr. Andrea Keren sebagai Project Manager dari ASIIN Office.

Prof. Lusi memberikan apresiasi atas kehadiran tim ASIIN secara langsung ke Unila untuk melakukan visitasi dan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di FMIPA. Dia juga menyatakan kebanggaan dan kehormatan atas kunjungan tersebut. Pada momen itu pula, Rektor memperkenalkan jajaran pimpinan rektorat, unit, lembaga, dan fakultas MIPA yang hadir pada acara tersebut.

Prof. Lusi menjelaskan, FMIPA merupakan fakultas yang berupaya meningkatkan pengakuan internasional dengan mengikuti prosedur akreditasi internasional. Visitasi akreditasi ASIIN ini merupakan salah satu upaya Unila untuk menjawab tantangan dunia dan mewujudkan visi, misi, serta rencana pembangunan jangka panjangnya. Upaya tersebut dilakukan dengan melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas prodi-prodi di Unila secara berkelanjutan.

Prodi Kimia dan Prodi Biologi di FMIPA Unila telah mendapatkan akreditasi internasional dari Royal Society of Chemistry dan ASIIN sejak tahun 2022 dan awal 2023. Selain prodi Matematika dan Fisika yang sedang menjalani visitasi oleh ASIIN selama dua hari ke depan, Prof. Lusi juga menyampaikan, prodi S-1 Ilmu Komputer FMIPA sedang mempersiapkan visitasi oleh ASIIN pada Oktober mendatang.

BACA JUGA :  KTT ASEAN 2023 akan Perkuat Kerja Sama Strategis Antar Negara Anggota

Prof. Mathias Getzlaff dan Dr. Andrea Keren mewakili tim ASIIN menyampaikan terima kasih atas kerja sama dan persiapan yang baik dari pihak Unila. Pertemuan kedua pihak ini juga terasa spesial karena menjadi kunjungan pertama tim ASIIN secara offline ke Unila. “Kami sangat senang karena akhirnya bisa datang ke sini dan bekerja sama dengan anda semua. Terima kasih,” ujar Dr. Keren.***